PENGEMBANGAN E-MODUL ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

MIQRO’ FAJARI, LATHIFAH (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TESIS MIQRO’ FAJARI LATHIFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL MIQRO FAJARI LATHIFAH.pdf

Download (310kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul Elastisitas dan Hukum Hooke yang layak digunakan pada pembelajaran serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-modul terhadap kemampuan berpikir kreatif dengan memperhatikan gaya belajar peserta didik. Pengembangan e-modul ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation dan evaluation). Hasil pengembangan e-modul divalidasi oleh 3 validator ahli yang selanjutnya di analisis menggunakan persamaan Aiken’s V dan disesuaikan dengan tabel kriteria hasil validasi. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid karena memperoleh nilai ratarata validitas sebesar 0,86 sehingga e-modul dapat digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji kepraktisan meliputi keterlaksanan pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar 3,49 dengan kategori sangat baik, respon peserta didik memperoleh nilai ratarata sebesar 3,40 dengan kategori sangat baik, dan respon guru memperoleh nilai ratarata sebesar 3,77 dengan kategori sangat baik. Uji coba e-modul dilakukan di SMAN 1 Narmada dengan peserta didik kelas XI yang berjumlah 48 orang sebagai subjek uji coba. Gaya belajar yang di analisis adalah gaya belajar VARK (Visual, Auditorial, Read/Write dan Kinestetik). Hasiil uji N-Gain menunjukkan bahwa perolehan nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen jauh lebih besar dibandingkan kelas kontrol sehingga e-modul efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Uji lanjutan diperlukan untuk mengetahui hubungan antar variabel dalam penelitian ini. Data yang diperoleh di analisis menggunakan uji ANOVA dua jalur dengan bantuan SPSS. Hasil uji ANOVA menjunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan e-modul untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik ( =0,05 dan sig=0,000). Kemudian gaya belajar tidak berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik ( =0,05 dan sig=0,707) dan tidak terdapat interaksi antara penggunaan e-modul dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik ( =0,05 dan sig=0,549).

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): E-Modul Elastisitas dan Hukum Hooke, Kemampuan Berpikir Kreatif, Gaya Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:36
Last Modified: 01 Nov 2023 23:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43033

Actions (login required)

View Item View Item