EFEK LAMA PENYIMPANAN DENGAN MENGGUNAKAN KEMASAN EDIBLE COATINGBERBAHAN DASAR GELATIN TERHADAP KUALITAS INTERIOR TELUR AYAM

LAELA, AMISAH (2023) EFEK LAMA PENYIMPANAN DENGAN MENGGUNAKAN KEMASAN EDIBLE COATINGBERBAHAN DASAR GELATIN TERHADAP KUALITAS INTERIOR TELUR AYAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Laela Amisah (B1D019131).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL_Laela Amisah (B1D019131).pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Telur merupakan bahan pangan hasil ternak unggas yang mudah mengalami kerusakan atau penurunan kualitas yang dipengaruhi oleh lama penyimpanan. Untuk mencegah penurunan kualitas telur dilakukan pengawetan yang bertujuan untuk mempertahankan mutu telur dan meningkatkan daya simpan dengan menggunakan edible coating. Edible coating merupakan lapisan tipis yang digunakan sebagai pengemas untuk melapisi bahan pangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan kemasan edible coating berbahan dasar gelatin terhadap kualitas interior telur ayam selama penyimpanan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2023 yang bertempat di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak (TPHT) Fakultas Peternakan Universitas Mataram, yang berlangsung selama 15 hari. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan sebagai berikut A1 = telur dengan penyimpanan 0 hari dan tanpa dilapisi edible coating, A2 = telur dengan penyimpanan 5 hari dan dilapisi edible coating, A3 = telur dengan penyimpanan 10 hari dan dilapisi edible coating, dan A4 = telur dengan penyimpanan 15 hari dan dilapisi edible coating. Variabel yang diamati adalah kualitas interior telur ayam yang meliputi rongga udara, warna kuning telur (yolk), indeks putih telur (albumen), indeks yolk, dan haugh unit (HU). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANOVA dan jika ada pengaruh dilanjut dengan uji Duncan menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan edible coating sebagai pelapis telur berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap nilai rongga udara, indeks yolk, dan haugh unit. Akan tetapi berpengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap warna kuning telur dan indeks albumen. Penggunaan edible coating sebagai pelapis telur pada setiap perlakuan telah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): edible coating, telur, lama simpan, kualitas
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:36
Last Modified: 01 Nov 2023 23:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43035

Actions (login required)

View Item View Item