KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA DAN HEDONIK ES KRIM DENGAN PENAMBAHAN PATI GARUT (Maranta arundinacea L) SEBAGAI BAHAN PENGISI

Lailatul, Hadijah (2023) KARAKTERISTIK FISIKOKIMIA DAN HEDONIK ES KRIM DENGAN PENAMBAHAN PATI GARUT (Maranta arundinacea L) SEBAGAI BAHAN PENGISI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi-LAILATUL HADIJAH-B1D019134.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (993kB)
[img]
Preview
Text
JURNAL-LAILATUL HADIJAH-B1D019134.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Penelitian in bertujuan untuk mengetahui presentasi pati garut yang digunakan dalam menentukan karakteristik fisikokimia dan hedonik es krim dengan penambahan pati garut yang baik sebagai pengisi. Rancangan percobaan yang digunakan dalam percobaan ini adalah rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan faktor yaitu pati garut. Perlakuan penambahan pati garut yaitu P0 (0%), P1 (10%), P2 (20%) dan P3 (30%). Parameter yang diamati adalah fisikokimia (overrun, kecepatan leleh, kadar lemak dan total padatan terlarut) dan hedonik (warna, aroma, rasa dan tekstur) Data hasil pengamatan dianalisa dengan analisa keragaman ANOVA (analysis of Variance) taraf 5% menggunakan SPSS. Apabila terdapat berbeda nyata, maka dilakukan uji lanjut menggunakan Uji Beda Nyata Jujur (BNJ) pada taraf 5%. Penambahan pati garut memberikan pengaruh nyata terhadap overun, kecepatan leleh, kadar lemak, totatal padatan terlaruit dan hedonik (rasa) namun tidak berpengaruh nyata terhadap hedonik (warna, aroma dan tekstur). perlakuan terbaik dengan penambahan pati garut 20% dengan overrun 50,11%, kecepatan leleh 49,44 menit, kadar lemak 2,31% total padatan terlarut 39,67% dan hedonik dapat diterima panelis dengan tingkat kesukaan netral pada panelis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): es krim, fisikokimia, hedonik, pati garut
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 01 Nov 2023 23:37
Last Modified: 01 Nov 2023 23:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43052

Actions (login required)

View Item View Item