RANI, HANANI (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2022/2023. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
RANI HANANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan berpikir kreatif kimia peserta didik kelas XI IPA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain nonequivalen control group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 158 orang peserta didik yang terdistribusi dalam lima kelas, yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Melalui random ditentukan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dan yang dalam pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran brainstorming. Data kemampuan berpikir kreatif dikumpulkan berupa Teknik tes dengan instrument berupa soal uraian. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji t independen untuk menganalisis perbedaan n-gain kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan bantuan software SPSS 25. Uji hipotesis t independen menghasilkan sig.(1-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dibanding nilai signifikansi (0,05). Pada uji N-Gain diperoleh NGain kelas eksperimen 0.6353 yang lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 0.4255. Berdasarkan uji t dan perbandingan N-gain kedua kelas menunjukan ada pengaruh yang positif dan signifikan metode pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan berpikir kkreatif peserta didik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Metode pembelajaran brainstorming, berpikir kreatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 23:37 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 23:37 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43053 |
Actions (login required)
View Item |