GAMBARAN PENGGUNAAN ANTIBIOTIK BERDASARKAN INDEKS ATC/DDD WHO PADA PASIEN PENYAKIT GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS PAGESANGAN

Deary Pretty Genovani, Manafe (2023) GAMBARAN PENGGUNAAN ANTIBIOTIK BERDASARKAN INDEKS ATC/DDD WHO PADA PASIEN PENYAKIT GIGI DAN MULUT DI PUSKESMAS PAGESANGAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[img]
Preview
Text
DRAFT JURNAL.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Masalah kesehatan gigi dan mulut merupakan penyakit yang dialami hampir dari setengah populasi penduduk dunia. Penatalaksanaan penyakit gigi dan mulut beragam sesuai indikasi, salah satunya adalah penggunaan antibiotik dalam penanganan penyakit infeksi. Penggunaan antibiotik sistemik secara masif meningkatkan risiko terjadinya resistensi sehinga diperlukan evaluasi penggunaan antibiotik salah satunya dengan metode ATC/DDD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross-sectional yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan antibiotik pada pasien dengan penyakit gigi dan mulut serta DU 90% antibiotik di poli gigi dan mulut Puskesmas Pagesangan. Pengambilan data dilakukan secara retrospektif pada rekam medis dan resep pasien poli gigi dan mulut Puskesmas Pagesangan. Teknik sampling menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sejumlah 560 pasien. Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa terdapat 3 antibiotik yang digunakan pada pasien dengan penyakit gigi dan mulut di Puskesmas Pagesangan pada tahun 2022 yaitu amoxicillin, clindamycin, dan metronidazole dengan nilai DDD/1000 KPRJ masing-masing antibiotik sebesar 262,28 untuk antibiotik amoxicillin, 27,15 untuk antibiotik clindamycin, dan 2,66 untuk antibiotik metronidazole sedangkan antibiotik yang termasuk ke dalam DU 90% adalah amoxicillin dan clindamycin.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): gigi dan mulut, antibiotik, ATC/DDD, DDD/1000 KPRJ, DU 90%
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Nov 2023 10:10
Last Modified: 03 Nov 2023 10:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43065

Actions (login required)

View Item View Item