STRATEGI KAMPANYE BPBD KABUPATEN LOMBOK UTARA DALAM MEMBANGUN KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DI WILAYAH RAWAN BENCANA KABUPATEN LOMBOK UTARA

Deyna, Apriana (2023) STRATEGI KAMPANYE BPBD KABUPATEN LOMBOK UTARA DALAM MEMBANGUN KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DI WILAYAH RAWAN BENCANA KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRPSI DEYNA APRIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI DEYNA APRIANA.pdf

Download (247kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kampanye BPBD dalam membangun kesiapsiagaan masyarakat di wilayah rawan bencana Kabupaten Lombok Utara. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan metode triangulasi sumber sebagai teknik keabsahan data.Hasil penelitian ini diperoleh informasi bahwa strategi kampanye dilakukan secara melakukan riset yang disebut kajian risiko bencana, selanjutnya perencanaan pelaksanaan awal menentukan sasaran, perencanaan tujuan, dan perencanaan pesan dalam melakukan sosialisasi. Informasi disebarkan BPBD KLU dengan cara memberikan poster dan leaflet. BPBD Kabupaten Lombok Utara juga memanfaatkan sosial media untuk menyampaikan kampanyenya.Terdapat hambatan dalam proses kampanye, dalam membangun kesiapsiagaan masyarakat yaitu, pendanaan, kurangnya kesadaran masyarakat akan risiko bencana yang ada di daerahnya, keterbatasan Sumber Daya Manusia yang menyampaikan materi kampanye.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi, Kampanye, BPBD, Rawan Bencana
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:37
Last Modified: 03 Nov 2023 06:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43071

Actions (login required)

View Item View Item