NURUL AZIZAH, BAYANI (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DIPADU UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 GUNUNGSARI. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi_ Nurul Azizah Bayani_FKIP_ KIMIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
Text
Jurnal_ Nurul Azizah Bayani_FKIP_Kimia.pdf Download (574kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh positif model Project Based Learning dipadu dengan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di SMAN 1 Gunungsari. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain non equivalen control group. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Gunungsari dengan sampel sebanyak 59 siswa dari kelas XI IPA 2 dan IPA 4. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan XI IPA 4 menjadi kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket motivasi belajar dan pretest-posttest. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t didapatkan thitung 4,2 > ttabel 1,7 (untuk motivasi belajar) dan thitung 3,784 > ttabel 1,671 (untuk hasil belajar), yang menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Project Based Learning dipadu dengan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) memberikan pengaruh positif dibandingkan dengan pembelajaran langsung dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model Project Based Learning, Unit Kegiatan Belajar Mandiri, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Larutan Penyangga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Meike Megawati |
Date Deposited: | 03 Nov 2023 06:33 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 06:33 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43080 |
Actions (login required)
View Item |