PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK PERILAKU SOSIAL SANTRI (Studi di Pondok Pesantren Darul Muhajirin Praya, Lombok Tengah)

Anwar, Liastamin (2023) PERAN PONDOK PESANTREN DALAM MEMBENTUK PERILAKU SOSIAL SANTRI (Studi di Pondok Pesantren Darul Muhajirin Praya, Lombok Tengah). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ANWAR LIASTAMIN_E1B019017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
10435-Article Text-44453-1-10-20231004.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Terjadinya pelanggaran terhadap peraturan yang telah dibuat seperti melakukan perundungan, membawa HP dan keluar pondok tanpa izin, dan mencuri barang milik orang lain yang dapat berpengaruh terhadap semakin berkurangnya kualitas perilaku sosial santri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pondok pesantren Darul Muhajirin Praya dalam membentuk perilaku sosial santri, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subyek penelitian ini ialah pengurus, ustadz, guru sekolah, dan santri pondok pesantren Darul Muhajirin Praya. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pondok pesantren Darul Muhajirin Praya menjalankan peran sebagai penanam perilaku sosial santri dengan menyelenggarakan kegiatan kebersihan lingkungan pondok, budaya makan bersama, dan memberikan penghargaan terhadap orang yang lebih tua. Selain itu juga sebagai penyelenggara kegiatan keagamaan seperti mengadakan kegiatan kajian kitab Fiqih, muhadarah/latihan pidato, membaca wirid/doa bersama, belajar membaca Al-Qur’an, dan Khalakoh atau diskusi kelompok. Dalam membentuk perilaku sosial santri tersebut juga dipengaruhi faktor internal seperti adanya sarana dan prasarana, tersedianya guru sekaligus pengurus, serta adanya tata tertib pondok yang harus dipatuhi, dan faktor eksternal seperti adanya kerjasama dengan pihak sekolah, dan dengan pihak Bank Syari’ah Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pondok pesantren, perilaku sosial
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:33
Last Modified: 03 Nov 2023 06:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43091

Actions (login required)

View Item View Item