DAMPAK BEKERJA DI LUAR NEGERI TERHADAP KONDISI SOSIAL DAN EKONOMI KELUARGA PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) DI DESA LEPAK, KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Deina Asri, Erawati (2023) DAMPAK BEKERJA DI LUAR NEGERI TERHADAP KONDISI SOSIAL DAN EKONOMI KELUARGA PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) DI DESA LEPAK, KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DEINA ASRI ERAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL DEINA ASRI ERAWATI.pdf

Download (363kB) | Preview

Abstract

Fenomena munculnya Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Desa Lepak menimbulkan dampak dalam kehidupan masyarakat khususnya pada keluarga baik dari segi sosial maupun ekonomi. Adanya anggota keluarga yang menjadi PMI memberikan dampak yang dirasakan oleh keluarga khususnya dari aspek peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan anggota keluarga yang diperoleh dari tingkat pekerjaan dan penghasilan yang mengalami peningkatan dari kondisi semula sebelum menjadi PMI dan kondisi masyarakat setelah menjadi PMI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak bekerja di luar negeri terhadap kondisi sosial dan ekonomi keluarga PMI di Desa Lepak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Adapun validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bekerja di luar negeri membawa dampak terhadap kondisi sosial pada keluarga PMI berupa perubahan status sosial, interaksi sosial, pendidikan anggota keluarga, perubahan pada kondisi rumah, dan partisipasi sosial anggota keluarga. Sedangkan dampak terhadap kondisi ekonomi berupa perubahan dalam bentuk pekerjaan anggota keluarga, tingkat pendapatan, tingkat pengeluaran, serta perubahan pola konsumsi pada keluarga PMI.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Dampak, Ekonomi, Keluarga, Pekerja Migran Indonesia, Sosial
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Program Studi Sosiologi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:32
Last Modified: 03 Nov 2023 06:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43095

Actions (login required)

View Item View Item