KAJIAN YURIDIS TERHADAP PEMANFAATAN TANAH SEMPADAN PANTAI BERDASARKAN UU NO 27 TAHUN 2007 TENTANG PENGELOLAAN WILAYAH PESISIR DAN PULAU-PULAU KECIL DI WILAYAH KECAMATAN BATULAYAR

NANDA, SISWANDI (2023) KAJIAN YURIDIS TERHADAP PEMANFAATAN TANAH SEMPADAN PANTAI BERDASARKAN UU NO 27 TAHUN 2007 TENTANG PENGELOLAAN WILAYAH PESISIR DAN PULAU-PULAU KECIL DI WILAYAH KECAMATAN BATULAYAR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[img]
Preview
Text
JURNAL NANDA.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status hukum penguasaan dan pemanfaatan sempadan pantai di kawasan pesisir pantai Senggigi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris. Hasil penelitian menunjukkan peraturan penguasaan dan pemanfaatan sempadan pantai telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Keci yang diubah dengan Undang-UndangNomor 1 Tahun 2014. Peraturan Presiden No. 51 Tahun 2016 Tentang Batas Sempadan Pantai, Peraturan Daerah Kabupaten Lombok Barat Nomor 11 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Lombok Barat Tahun 2011-2031, dan Peraturan Bupati Lombok Barat No 28 tahun 2020 tentang Pedoman Penerbitan Izin Mendirikan Bangunan Bagi Bangunan Dalam Sempadan Pantai, Jalan, Sungai, dan atau Sempadan Irigasi. Status hukum penguasaan dan pemanfaatan sempadan pantai di kawasan pesisir pantai Batulayar secara hukum adalah dikuasai Negara dan pihak investor harus memiliki izin pengelolaan dalam pemanfaatan sempadan pantai, serta memperhatikan tata cara pemanfaatan dan karakteristik wilayah pesisir sesuai dengan ketentuan yang berlaku agar tidak menimbulkan dampak kerusakan lingkungan serta menjaga kenyamanan tempat wisata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sempadan Pantai, Peraturan, Pemanfaatan.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:32
Last Modified: 03 Nov 2023 06:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43099

Actions (login required)

View Item View Item