PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA LAGU MELALUI VIDEO KLIP SISWA KELAS XI A MADRASAH ALIYAH DARUL AMININ NW AIKMUAL TAHUN AJARAN 2011

IDAYANTI, YANTI (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA LAGU MELALUI VIDEO KLIP SISWA KELAS XI A MADRASAH ALIYAH DARUL AMININ NW AIKMUAL TAHUN AJARAN 2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
yanti skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menulis, terutama dalam menulis cerpen, guru masih sering menggunakan sistem catat buku sampai habis, dan tidak adanya penggunaan media pembelajaran yang mampu merangsang minat belajar siswa. Hal ini menyebabkan kurang efektivnya proses pembelajaran. Latar belakang tersebut mengantarkan peneliti untuk mengangkat masalah ini menjadi penelitian dengan rumusan masalah yaitu: (a) Bagaimanakah peningkatan proses pembelajaran menulis cerpen dengan media lagu melalui video klip siswa kelas XI A Madrasah Aliyah Darul Aminin NW Aikmual tahun ajaran 2011? (b) Bagaimanakah peningkatan hasil pembelajaran menulis cerpen dengan media lagu melalui video klip pada siswa kelas XI A Madrasah Aliyah Darul Aminin NW Aikmual tahun ajaran 2011? Penelitian dilaksanakan di MA Darul Aminin NW Aikmual tahun ajaran 2011 dengan jumlah siswa 19 orang. Pelaksanaan dilakukan dengan dua siklus menggunakan intrumen penelitian berupa: (a) Lembar observasi aktivitas guru, (b) Lembar observasi aktivitas siswa, (c) Lembar kerja siswa, (d) Jurnal lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, penugasan, jurnal lapangan, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif. Hasil penelitian menulis cerpen dengan media lagu melalui video klip siswa kelas XI A Madrasah Aliyah Darul Aminin NW Aikmual mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 16 siswa meningkat menjadi 17 siswa pada siklus II, skor yang diperoleh mengalami penurunan pada siklus I sebanyak 1466 menjadi 1444 pada siklus II hal ini disebabkan karena 2 orang siswa tidak mengikuti pelajaran. Sedangkan persentase ketuntasan siswa secara klasikal mengalami peningkatan, pada siklus I persentase siswa secara klasikal sebesar 84,32% pada siklus II meningkat menjadi 100%, sehingga dapat dikatakan sudah dapat memenuhi target.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peningkatan, Kemampuan Menulis, Cerpen, Media, Lagu dan Video Klip.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 May 2018 01:21
Last Modified: 26 May 2018 01:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4310

Actions (login required)

View Item View Item