PENGARUH PERBEDAAN KONSENTRASI PENGOLESAN TONGKOL BUAH NANAS TERHADAP KUALITAS INTERNAL DAN CEMARAN BAKTERI PADA TELUR AYAM KAMPUNG

GEGER MAULIDAN, HERISTIA (2023) PENGARUH PERBEDAAN KONSENTRASI PENGOLESAN TONGKOL BUAH NANAS TERHADAP KUALITAS INTERNAL DAN CEMARAN BAKTERI PADA TELUR AYAM KAMPUNG. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Geger Maulidan Heristia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB)
[img]
Preview
Text
JURNAL Geger Maulidan Heristia.pdf

Download (532kB) | Preview

Abstract

Telur merupakan bahan pangan yang mengandung protein bermutu tinggi karena mengandung asam amino esensial lengkap sehingga telur dijadikan patokan dalam menentukan mutu protein berbagai bahan pangan. telur adalah salah satu bahan pangan yang mudah rusak (perisable food) dan rentan terkontaminasi, terutama oleh bakteri patogen. telur dapat rusak bila disimpan lebih dari dua minggu di ruangan yang terbuka. bakteri dapat tumbuh dan berkembang di dalam membran kulit dan akan mengkontaminasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan konsentrasi pengolesan tongkol buah nanas terhadap kualitas internal dan cemaran bakteri pada telur ayam kampung. Penelitian ini menggunankan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan yaitu konsentrasi pegolesan yang berbeda P0 = 0 g/ml , P1 = 2 g/ml , P2 = 4 g/ml , dan P3 =6 g/ml. disimpan pada suhu ruang selama 21 hari, setiap perlakuan diulang sebanyak 4 kali. Variabel yang diamati kualitas internal telur yaitu penurunan berat telur, haugh unit, indeks putih tekur, indeks kuning telur, pH dan cemaran bakteri. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analysis of variasi (ANOVA) dan unji lanjut menggunakan Duncans Multiple ragen test dengan proses spss. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perbedaan konsentrasi pengolesan tongkol buah nanas pada telur ayam kampung yang disimpan selama 21 hari pada suhu ruang tidak berpengaruh nyata pada kualitas internal dan cemaran bakteri telur ayam kampung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Buah nanas, Pengawetan, Telur ayam kampung
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:38
Last Modified: 03 Nov 2023 06:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43102

Actions (login required)

View Item View Item