ANALISIS POLA KONSUMSI PANGAN RUMAH TANGGA PETANI PADI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA SELEBUNG KECAMATAN BATUKLIANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Rina, Sulastri (2023) ANALISIS POLA KONSUMSI PANGAN RUMAH TANGGA PETANI PADI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DESA SELEBUNG KECAMATAN BATUKLIANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Rina Sulastri_analisis pola konsumsi pangan rumah tangga petani padi pada masa pandemi co.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Rina Sulastri_analisis pola konsumsi pangan rumah tangga petani padi pada masa pandemi cov.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Pangan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia sehingga pemenuhannya menjadi salah satu hak asasi yang harus dipenuhi secara bersama-sama oleh negara dan masyarakatnya. Pola konsumsi adalah susunan tingkat kebutuhan seseorang atau rumah tangga untuk jangka waktu tertentu yang akan dipenuhi dari penghasilannya. Menurut Suparmin (2017), dilihat dari sisi konsumsi pangannya kabupaten Lombok Tengah memiliki riwayat masalah konsumsi pangan yang kurang baik dengan persentase prevalensi Kurang Energi Protein (KEP) total yang tinggi di wilayah NTB yakni sebesar 31,43 keadaan produksi pangan yang rendah dan persentase desa miskin yang cukup banyak yakni lebih dari 70 persen. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pola konsumsi pangan rumah tangga petani padi pada masa pandemi covid-19 di desa selebung memiliki total konsumsi energi aktual sebesar 2.023 kkal/kap/hari masih belum mencapai kecukupan energi ideal yang dianjurkan. 2) konsumsi protein sebesar 69 gram/kap/hari sudah melebihi standar 3) skor PPH sebesar 91 masih belum memenuhi standar ideal yang beragam dan berimbang. 4) faktor-faktor yang mempengaruhi konsumsi pangan rumah tangga yaitu pendapatan, jumlah anggota keluarga, umur dan tingkat pendidikan berpengaruh nyata terhadap pola konsumsi pangan rumah tangga.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola konsumsi, pangan rumah tangga, COVID-19.
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:50
Last Modified: 06 Nov 2023 03:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43113

Actions (login required)

View Item View Item