SINTESIS SERTA KARAKTERISASI SENYAWA C-4-HIDROKSI-3- METOKSIFENILKALIKS[4]RESORSINARENA MENGGUNAKAN METODE REFLUKS DAN MICROWAVE

ERWIN, FIQRI (2023) SINTESIS SERTA KARAKTERISASI SENYAWA C-4-HIDROKSI-3- METOKSIFENILKALIKS[4]RESORSINARENA MENGGUNAKAN METODE REFLUKS DAN MICROWAVE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi ERWIN FIQRI jilid (CD).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal skripsi.pdf

Download (500kB) | Preview

Abstract

Sintesis senyawa C-4-hidroksi-3-metoksifenilkaliks[4]resorsinarena (CHMFKR) berbahan dasar resorsinol menggunakan metode refluks dan microwave telah dilakukan. Kaliksresorsinarena merupakan senyawa makrosiklik yang substituennya dapat dimodifikasi sehingga menghasilkan senyawa dengan aktivitas yang berbeda. Tujuan penelitian ini yaitu mensintesis kaliksresorsinarena dengan subtituen vanilin menggunakan metode refluks dan microwave melalui reaksi kondensasi aldol. Senyawa hasil sintesis CHMFKR dikarakterisasi menggunakan UV-Vis, FTIR, dan 1H-NMR serta membandingkan data eksperimen dengan data 1H-NMR prediksi yang dilakukan dengan metode DFT. Karakterisasi menggunakan UV-Vis juga mendapatkan hasil berupa munculmya serapan pada panjang gelombang 516 nm untuk metode refluks dan 515 nm pada metode microwave. Karakterisasi FTIR menunjukkan adanya peak pada bilangan gelombang 1430 cm-1 (metode refluks) dan 1425 cm-1 (metode microwave) yang merupakan sinyal dari jembatan metin. Hal ini pula didukung dengan data 1H-NMR yang munculnya peak pada pergeseran 5,66 dan 5,75 ppm yang menunjukkan terbentuknya jembatan metin. Jembatan metin merupakan ciri khas dari senyawa kaliks[4]arena termasuk senyawa CHMFKR. Hasil ini juga diperkuat dengan perbandingan 1H-NMR prediksi yang mendapatkan nilai korelasi (R) 0,8988 pada metode refluks dan 0,8944 untuk metode microwave. Yield yang didapatkan pada metode refluks sebanyak 85,07% sedangkan menggunakan metode microwave sebanyak 14,04%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): C-4-hidroksi-3-metoksifenilkaliks[4]resorsinarena, metode refluks, metode microwave, , resorsinol, vanilin, DFT.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:50
Last Modified: 06 Nov 2023 03:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43115

Actions (login required)

View Item View Item