IMPLEMENTASI NILAI-NILAI SOSIAL DALAM PELAKSANAAN TRADISI BANJAR BEGAWE (Desa Gerisak Semanggleng Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur)

MAR’AINI, WULANDARI (2023) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI SOSIAL DALAM PELAKSANAAN TRADISI BANJAR BEGAWE (Desa Gerisak Semanggleng Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
skripsi_maraini wulandari_ E1B019112.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tradisi banjar begawe adalah suatu kumpulan kelompok masyarakat untuk saling membantu yang sifat keperluannya besar seperti acara begawe (pesta). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi nilia-nilai sosial dalam pelaksanaan tradisi banjar begawe. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Gerisak Semanggleng. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi banjar begawe dilaksanakan dalam beberapa tahapan kegiatan daintaranya berolem, musyawarah, pengumpulan banjar sembako, pengumpulan banjar uang, evaluasi dan tindak lanjut. Selain itu tradisi banjar begawe memiliki nilai-nilai yang terdapat dalam pelaksanaannya seperti nilai gotong royong, tolong menolong, solidaritas dan komunikatif

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): tradisi banjar begawe, nilai-nilai sosial
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:42
Last Modified: 07 Nov 2023 07:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43117

Actions (login required)

View Item View Item