PELAKSANAAN TRADISI BARAPAN KEBO PADA MASYARAKAT SUMBAWA DI DESA SEMINAR SALIT KECEMATAN BRANG REA KABUPATEN SUMBAWA BARAT

SYAHRUL, NAIM (2023) PELAKSANAAN TRADISI BARAPAN KEBO PADA MASYARAKAT SUMBAWA DI DESA SEMINAR SALIT KECEMATAN BRANG REA KABUPATEN SUMBAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SYAHRUL NAIM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL_SYAHRUL NAIM.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Tradisi Barapan Kebo merupakan suatu tradisi yang terus menerus dilaksanakan dan dilestarikan oleh masyarakat Desa Seminar Salit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan tradisi barapan kebo serta nilai-nilai yang terkandung dalam pelaksanaan tradisi barapan kebo di Desa Seminar Salit Kecamatan Brang Rea Kabupaten Sumbawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, teknik penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini yaitu teknik triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa tradisi barapan kebo dilaksanakan dalam beberapa tahapan kegiatan diantaranya pembentukan panitia, mempersiapkan lokasi, mempersiapkan sepasang kebo (kerbau), pembagian undangan serta pendaftaran, sandro mengelilingi saka, kerbau dipakikan noga serta kareng, berjalannya tradisi barapan kebo, Ngumang dan Balawas, penutup dan pembagian hadiah. Selain dari pada itu terdapat nilai yang terkandung dalam pelaksanaan tradisi barapan kebo yaitu nilai gotong royong, nilai budaya, nilai keindahan, dan nilai ekonomi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tradisi, Budaya, Nilai
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:42
Last Modified: 07 Nov 2023 07:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43120

Actions (login required)

View Item View Item