PERLINDUNGAN HUKUM ATAS KARYA CIPTA KREATOR TIKTOK SEBAGAI KARYA SINEMATOGRAFI MENURUT UU NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA

Lydia, Rinjani (2023) PERLINDUNGAN HUKUM ATAS KARYA CIPTA KREATOR TIKTOK SEBAGAI KARYA SINEMATOGRAFI MENURUT UU NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.FIX.LYDIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL ILMIAH LYDIA RINJANI. FIX (1).pdf

Download (594kB) | Preview

Abstract

Tiktok merupakan aplikasi yang sedang populer, banyak vidio dari aplikasi tiktok yang menjadi terkenal. Namun ada orang-orang yang memenfaatkan hal tersebut dengan cara mengunggah ulang vidio tiktok yang terkenal di sebuah akun sosial media lain dan menerima endorse untuk akun tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan perlindungan hak cipta terhadap konten tiktok yang disebarluaskan tanpa izin. Fokus permasalahan penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimanakah perlindungan hak cipta kreator tiktok atas konten ciptaannya, 2) Bagaimana penyelesaian sengketa atas hak cipta kreator tiktok sebagai karya sinematografi.Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif, dengan menggunakan pendekatan Perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Hasil penelitian menyatakan bahwa pengaturan perlindungan hak cipta terhadap konten dalam aplikasi tiktok diatur dalam Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta dan ketentuan layanan aplikasi tiktok yang melarang seseorang untuk mendistribusikan dan memperbanyak konten tiktok untuk tujuan komersil. Adapun pertanggung jawaban terhadap pemilik konten tiktok yang disebarluaskan tanpa izin yaitu sanksi bagi penyebar vidio tiktok sesuai pasal 113 ayat 3 Undang-undang Hak Cipta.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perlindungan Hukum, Tiktok, Hak cipta
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:42
Last Modified: 07 Nov 2023 07:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43128

Actions (login required)

View Item View Item