ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL LABIRIN LAZUARDI PUSARAN ARUS WAKTU KARYA GOLA GONG SERTA HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

NURUSSHOBAH, AHMAD (2010) ANALISIS STRUKTURAL DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL LABIRIN LAZUARDI PUSARAN ARUS WAKTU KARYA GOLA GONG SERTA HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LABIRIN LAZUARDI BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
LABIRIN LAZUARDI BAB II.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
LABIRIN LAZUARDI BAB III.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] Text
LABIRIN LAZUARDI BAB IV.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] Text
LABIRIN LAZUARDI BAB V.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)

Abstract

Adapun yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah (1) unsur-unsur intrinsik yang membangun keutuhan novel Labirin Lazuardi Pusaran Arus waktu, (2) nilai-nilai pendidikan, dan (3) hubungannya dengan pembelajaran sastra di SMA dalam hal ini adalah kemungkinannya sebagai bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan unsur-unsur intrinsik dan nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Labirin Lazuardi Pusaran Arus Waktu serta Hubungannya dengan Pembelajaran Sastra di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan struktural dan pendekatan pragmatis. Data yang digunakan sebagai dasar penelitian ini berupa kata-kata, kalimat, paragraf, maupun dialog atau percakapan yang menggambarkan unsur-unsur intrinsik dan berisikan nilai-nilai dalam novel Labirin Lazuardi Pusaran Arus Waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel ini (1) analisis struktural yang terdapat dalam novel ini berupa: tema adalah rasa kasih sayang itu sangat dibutuhkan oleh setiap orang; alur jika ditinjau dari hubungan bagian cerita ini, maka novel ini berplot renggang atau longgar; penokohan dalam novel ini menggunakan teknik analitik atau teknik langsung pada pemunculan watak tokoh cerita. Namun yang dominan digunakan adalah teknik analitik tidak langsung atau teknik daramatik; latar dalam novel ini adalah latar waktu, seperti: di pagi hari dan latar tempat, seperti: di sebuah masjid, di sebuah kendaraan, di pasar tradisional, dan lain-lain; sudut pandang dalam novel ini, pengarang menggunakan teknik bercerita “diaan”; gaya bahasa yang digunakan adalah majas-majas yang meliputi: majas retoris, personifikasi, metafora, dan klimaks; suspense yang digunakan pengarang adalah dengan menunda-nunda jawaban yang sedang dialami tokoh cerita dan dengan menampilkan komplik psikologis yang dialami tokoh-tokoh dalam kisahnya. (2) nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel ini adalah nilai-nilai pendidikan ketuhanan atau agama, nilai-nilai pendidikan sosial atau kemasyarakatan, nilai-nilai pendidikan kesusilaan atau budi pekerti, dan nilai-nilai pendidikan moral. (3) Analisis struktural dan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel ini telah sesuai dengan materi pembelajaran sastra di SMA: (a) Kompetensi Dasar Kelas XI semester I yaitu : menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan dengan Indikator menganalisis unsur-unsur ekstrinsik dan intrinsik (alur, tema, penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) novel indonesia. (b) Kompetensi Dasar Kelas X semester I yaitu : menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi. Dengan materi pembelajaran: naskah cerita pendek yang mengandung nilai-nilai budaya, nilai moral, nilai, agama, dan nilai politik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Analisis struktural, nilai-nilai pendidikan, novel, dan pembelajaran sastra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 May 2018 01:29
Last Modified: 26 May 2018 01:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4313

Actions (login required)

View Item View Item