PENGARUH PERSENTASE GARAM KERING DALAM PENGAWETAN KULIT SAPI BALI DENGAN PEMBERIAN KULIT NANAS FERMENTASI TERHADAP KEKUATAN TARIK DAN KEMULURAN KULIT

AMIR, ROHMAN (2023) PENGARUH PERSENTASE GARAM KERING DALAM PENGAWETAN KULIT SAPI BALI DENGAN PEMBERIAN KULIT NANAS FERMENTASI TERHADAP KEKUATAN TARIK DAN KEMULURAN KULIT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AMIR ROHMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL AMIR ROHMAN.pdf

Download (500kB) | Preview

Abstract

Kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh hewan yang tersusun dari tiga bagian yaitu epidermis, dermis dan hypodermis. Indikator kulit sapi yang baik adalah mempunyai kekuatan tarik tinggi dan kemuluran rendah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh presentase garam kering dalam pengawetan kulit Sapi Bali dengan pemberian pakan kulit nanas fermentasi terhadap kekuatan tarik dan kemuluran kulit.Penelitian ini dilaksanakan di Desa Nyerot Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah pada bulan Juli - November 2022 untuk penggemukan dan dilakukan uji kekuatn tarik dan kemuluran di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak (TPHT). Materi yang di gunakan adalah Kulit sapi Bali jantan bagian punggung sebanyak 9 lembar terbagi menjadi 3 perlakuan dan 3 ulangan bedasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola searah yaitu T0 20% garam kering, T1 30% garam kering, dan T2 40% garam kering. Variabel yang diteliti yaitu ketebalan kulit, kekuatan tarik, dan kemuluran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan garam kering dalam pengawetan kulit Sapi Bali berpengaruh nyata (p<0,05 terhadap kekuatan tarik, dan tidak berpengaruh nyata (p>0,05) terhadap ketebalan kulit dan kemuluran kulit. Kesimpulan pengawetan kulit sapi Bali menggunakan garam kering 30% memberikan kekuatan tarik yang tinggi (611,54 kg/cm2 ) dan kemuluran rendah yaitu (13,35%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Garam Kering, Kulit Nanas, Sapi Bali
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:48
Last Modified: 07 Nov 2023 07:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43136

Actions (login required)

View Item View Item