PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK

ROHMIATI, OKTIANA (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIX ROHMIATI OKTIANA (E1Q018060).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)
[img] Text
JURNAL JPFT ROHMIATI OKTIANA.docx

Download (36kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran model problem based learning berbantuan video yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik. Materi fisika yang digunakan yaitu elastisitas dan hukum Hooke. Produk yang dikembangkan berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), bahan ajar, lembar kerja peserta didik (LKPD), video pembelajaran, dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Subjek penelitian 30 orang peserta didik kelas XI MS 2, semester ganjil, tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan yaitu research and development (R&D) dengan desain model 4D yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon, LKPD, dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Validitas produk dinilai oleh 3 validator ahli dan 3 validator praktisi yang selanjutnya dianalisis menggunakan skala Likert. Kepraktisan diperoleh dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran yang dinilai oleh guru, angket respon peserta didik terkait pembelajaran yang dilakukan, dan hasil penilaian LKPD yang dikerjakan oleh peserta didik. Keefektifan diperoleh dari nilai pretest dan posttest terhadap instrumen tes yang hasilnya dianalisis menggunakan uji N-Gain dan diinterpretasikan ke dalam tafsiran keefektifan. Hasil validitas produk yang dikembangkan untuk silabus memiliki persentase sebesar 94,40%, RPP sebesar 93,63%, bahan ajar sebesar 92,98%, LKPD sebesar 93,93%, video pembelajaran sebesar 93,00%, dan instrumen tes sebesar 93,58% dengan kategori valid serta reliabel dengan persentase rata-rata di atas 75%. Hasil kepraktisan produk yang dikembangkan berupa lembar observasi guru dan respon peserta didik secara berurutan sebesar 85,53% dan 95,21% dengan kategori sangat praktis, serta penilaian LKPD diperoleh persentase sebesar 82,22% dengan kategori sangat kritis. Hasil perolehan uji N-Gain untuk kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 0,57 dengan kategori peningkatan sedang dan termasuk ke dalam kriteria cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dihasilkan valid, sangat praktis, dan cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan perangkat pembelajaran, model problem based learning, video, kemampuan berpikir kritis.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:48
Last Modified: 07 Nov 2023 07:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43140

Actions (login required)

View Item View Item