IMPLEMENTASI UNITED NATIONS CONVENTION ON THE RIGHT OF THE CHILD (UNCRC) DALAM PEMENUHAN HAKHAK ANAK KORBAN PERANG DI YAMAN

Etha Pebrianti, Setyaningrum (2023) IMPLEMENTASI UNITED NATIONS CONVENTION ON THE RIGHT OF THE CHILD (UNCRC) DALAM PEMENUHAN HAKHAK ANAK KORBAN PERANG DI YAMAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Etha Pebrianti Setyaningrum.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Etha Pebrianti Setyaningrum (L1A019040).pdf

Download (447kB) | Preview

Abstract

Salah satu konflik bersenjata yang berujung pada perang terjadi di Yaman, pecahnya perang terjadi pada tahun 2014 saat kelompok Houthi meminta kedudukan di pemerintahan namun, tidak dipenuhi oleh Abdrabbuh Mansur Hadi dan serangan pertama dilakukan di ibu kota Sana‟a dan Yaman bagian Utara. Hal ini yang menyebabkan banyaknya anak menjadi korban perang hingga meninggal dan tercatat bahwa banyak anak-anak yang hak-hak atas kelangsungan hidupnya terabaikan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, teori rezim internasional yang nantinya akan menjelaskan mengenai bagaimana sebuah rezim internasional yakni UNCRC akan menjadi sebuah jawaban dalam memberikan pemenuhan terhadap hak anak. Pada penelitian ini juga menggunakan konsep konvensi hak anak 1989 untuk melihat hak anak apa saja yang dilanggar saat perang berlangsung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data sekunder seperti: buku, jurnal ilmiah serta portal berita online yang relevan dengan penelitian penulis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Yaman telah berupaya untuk memberikan pemenuhan hak anak sesuai dengan UNCRC yang telah mereka ratifikasi dan dalam memenuhi hak anak, Yaman juga dibantu oleh beberapa organisasi internasional yang berada di bawah naungan PBB. Namun, dalam pengimplementasian UNCRC terdapat beberapa hambatan yang tidak dapat dihindari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perang Yaman, Hak Anak, UNCRC
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:48
Last Modified: 07 Nov 2023 07:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43146

Actions (login required)

View Item View Item