PERBEDAAN NILAI RED BLOOD CELL DISTRIBUTION WIDTH (RDW) PASIEN COVID-19 DENGAN PNEUMONIA DAN TANPA PNEUMONIA DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MATARAM (RSUM) DAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT (RSUDP NTB)

Indri, Setiawati (2023) PERBEDAAN NILAI RED BLOOD CELL DISTRIBUTION WIDTH (RDW) PASIEN COVID-19 DENGAN PNEUMONIA DAN TANPA PNEUMONIA DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS MATARAM (RSUM) DAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT (RSUDP NTB). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI_Indri Setiawati (H1A020049).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img]
Preview
Text
LAPORAN AKHIR KTI_Indri Setiawati (H1A020049).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Koinfeksi pneumonia pada pasien COVID-19 dapat menjadi faktor risiko yang penting pada mortalitas pasien. Red blood cell distribution width (RDW) merupakan prediktor yang dapat menentukan luaran klinis pada pasien dengan infeksi saluran pernapasan dan penyakit yang berat, sehingga peneliti ingin melakukan penelitian untuk mengetahui perbedaan nilai RDW pada pasien COVID-19 dengan pneumonia dan tanpa pneumonia di RSUM dan RSUDP NTB Metode: Rancangan penelitian ini adalah cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah consecutive sampling. Terdapat 110 data pasien COVID-19 yang terdiri dari 55 pasien COVID-19 dengan pneumonia dan 55 pasien COVID-19 tanpa pneumonia yang digunakan dalam penelitian ini. Pengambilan data menggunakan catatan rekam medik. Analisis statistik yang digunakan adalah analisis komparatif dengan menggunakan uji Mann-Whitney Hasil: Rata-rata usia pasien adalah 48 tahun ± 16 tahun. Sebagian besar subjek berjenis kelamin laki-laki (53,6%). Komorbid tersering adalah diabetes melitus (21,8%). Rata-rata nilai RDW pada pasien COVID-19 dengan pneumonia dan tanpa pneumonia adalah 13,9% dan 13,1%. Selisih nilai rerata RDW pada kedua kelompok adalah 0,8% Kesimpulan: Secara klinis terdapat perbedaan nilai RDW pasien COVID-19 dengan pneumonia dan tanpa pneumonia di RSUM dan RSUDP NTB

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): COVID-19, koinfeksi pneumonia, red blood cell distribution width
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:48
Last Modified: 07 Nov 2023 07:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43148

Actions (login required)

View Item View Item