IMPLEMENTASI UU NOMOR 12 TAHUN 2022 TENTANG TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL DALAM PENDAMPINGAN TERHADAP KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI KOTA MATARAM (Studi pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak DP3AP2KB Provinsi NTB)

NURFADHILAH, WIDYANI (2023) IMPLEMENTASI UU NOMOR 12 TAHUN 2022 TENTANG TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL DALAM PENDAMPINGAN TERHADAP KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI KOTA MATARAM (Studi pada Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak DP3AP2KB Provinsi NTB). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DWIDY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL NURFADHILAH WIDYANI.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami implementasi Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2022 dalam pendampingan terhadap korban kekerasan seksual oleh UPTD PPA DP3AP2KB Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) di Kota Mataram, serta mengetahui dan menganalisis kendala UPTD PPA DP3AP2KB Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam pendampingan terhadap korban kekerasan seksual di Kota Mataram. Manfaat penelitian ini sebagai sumbang pemikiran untuk akademisi, para penegak hukum, dan juga masyarakat terhadap korban kekerasan seksual. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian hukum empiris, dengan menggunakan metode pendekatan perundang-undangan, pendekatan konseptual, dan pendekatan sosiologis. Hasil penelitian yang didapatkan bahwa implementasi Undang-Undang No. 12 Tahun 2022 dalam pendampingan terhadap korban kekerasan seksual oleh UPTD PPA DP3AP2KB Provinsi NTB di Kota Mataram dilakukan melalui layanan pendampingan yang terdiri dari pendampingan hukum, medis dan psikologis. UPTD PPA DP3AP2KB Provinsi NTB memiliki kendala dalam memberikan pendampingan kepada korban kekerasan seksual yang terdiri dari faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal yaitu kurangnya sumber daya manusia (SDM), sumber dana, serta sarana dan prasarana. Sedangkan faktor eksternal yaitu masa penyembuhan korban yang relatif lama dan kurangnya keterbukaan korban.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): UPTD PPA, Pendampingan, Korban Kekerasan Seksual`
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:48
Last Modified: 07 Nov 2023 07:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43150

Actions (login required)

View Item View Item