PERAN AIIB (ASIAN INFRASTRUCTURE INVESMENT BANK) DALAM MENANGANI PEMULIHAN EKONOMI DI INDONESIA PASCA COVID 19

MIA SAFIRA, HAKIM (2023) PERAN AIIB (ASIAN INFRASTRUCTURE INVESMENT BANK) DALAM MENANGANI PEMULIHAN EKONOMI DI INDONESIA PASCA COVID 19. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MIA SAFIRA HAKIM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL (MIA SAFIRA HAKIM) (Autosaved).pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan peran AIIB (Asian Infrastructure Invesment Bank) dalam menangani pemulihan ekonomi di Indonesia pasca pandemic COVID 19. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apa peran AIIB (Asian Infrastructure Invesment Bank) dalam menangani pemulihan ekonomi di Indonesia pasca pandemic COVID 19.” Untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori organisasi internasional liberal dan konsep International Financial Insttitutions. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, di mana data diperoleh melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian ini dijelaskan dalam beberepa bagian yaitu, 1) Perjanjian Pinjaman Program CARES, 2) Perjanjian Pinjaman Program Tanggap Darurat COVID 19, 3) Pembiayaan Bersama Program CARES dan Program Tanggap Darurat COVID 19,4) Bantuan Teknis, 5) Pengawasan, dan 6) Saran Kebijakan. Temuan penelitian ini adalah dalam menangani ekonomi di Indonesia AIIB memberikan pinjaman secara bertahap untuk Indonesia di bawah program Crisis Recovery Facility (CRF), CRF merupakan program yang dibentuk oleh AIIB untuk memfasilitasi anggotanya dalam menghadapi dampak yang diakibatkan oleh COVID 19. Dalam skema peminjaman ini AIIB berkolaborasi dengan Bank Dunia dan Asian Development Bank (ADB) untuk pembiayaan bersama dalam program CARES dan program tanggap darurat COVID 19, selain itu juga memberikan teknis, pengawasan dan saran kebiajakan. Program-program ini merupakan faktor penting membantu Indonesia pulih dari dampak ekonomi pandemi COVID 19. Dengan memperbaiki sistem layanan kesehatan dan memberikann dukungan finansial kepada rumah tangga yang rentan untuk membantu meningkatkan konsumsi masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): AIIB, COVID 19,Perekonomian Indonesia, Crisis Recovery Facility (CRF),Program CARES, Program Tanggap Darurat COVID 19
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:48
Last Modified: 07 Nov 2023 07:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43152

Actions (login required)

View Item View Item