PROTEKSIONISME DI ERA LIBERALISASI PERDAGANGAN: STUDI KASUS KEBIJAKAN HUAWEI BAN OLEH AMERIKA SERIKAT

Yohannes Panca, Mukti (2023) PROTEKSIONISME DI ERA LIBERALISASI PERDAGANGAN: STUDI KASUS KEBIJAKAN HUAWEI BAN OLEH AMERIKA SERIKAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Yohannes Panca Mukti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Jurnal Yohannes Panca Mukti.pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari liberalisasi perdagangan terhadap Amerika Serikat sehingga Amerika Serikat mengeluarkan kebijakan proteksionisme dan alasan Amerika Serikat mengeluarkan Kebijakan Huawei Ban. Konsep kepentingan nasional dan teori pilihan rasional digunakan peneliti sebagai kerangka berpikir dalam penelitian. Peneliti menggunakan jenis peneltian eksplanatif dengan pendekatan kualitatif, melalui teknik pengumpulan data studi literatur yang diperoleh dari berbagai sumber, seperti buku, jurnal, dan internet. Hasil Peneltian mendapati bahwa liberalisasi berdampak bagi perekonomian dan keamanan Amerika Serikat yang akhirnya membuat kebijakan proteksionisme. Pembuatan Kebijakan Huawei Ban adalah masuk ke dalam kepentingan nasional Amerika Serikat untuk menjaga keamanan negara dari ancaman teknologi milik Huawei dan melindungi industri perekonomian domestik. Melalui penerapan teori pilihan rasional menggunakan konsep cost and benefit dalam penelitian, benefit yang didapatkan oleh Amerika Serikat lebih besar dari cost yang harus dibayarkan, sehingga Kebijakan Huawei Ban oleh Amerika Serikat merupakan suatu pembuatan keputusan yang rasional.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Liberalisasi Perdagangan, Proteksionisme, Huawei Ban, Amerika Serikat, Kepentingan Nasional, Teori Pilihan Rasional, Cost and Benefit.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:48
Last Modified: 07 Nov 2023 07:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43153

Actions (login required)

View Item View Item