PENGARUH KOMBINASI TEPUNG KULIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus) DAN MANGGIS (Grancinia mangostana L.) TERHADAP KECERAHAN WARNA BENIH IKAN KOI (Cyprinus carpio L.)

Baiq Rizki, Amalia (2023) PENGARUH KOMBINASI TEPUNG KULIT BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus) DAN MANGGIS (Grancinia mangostana L.) TERHADAP KECERAHAN WARNA BENIH IKAN KOI (Cyprinus carpio L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ RIZKI AMALIA_C1K018013(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAIQ RIZKI AMALIA ARTIKEL.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh kombinasi penggunaan tepung kulit buah naga (TKBNM) dan manggis (TKBM) pada pakan terhadap kecerahan warna ikan koi. Penelitian dilaksanakan selama 50 hari, di Laboratorium produksi dan reproduksi ikan Universitas Mataram menggunakan metode eksperimental dengan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri atas 4 perlakuan dan 3 kali ulangan, yaitu: A: Pelet 100% (kontrol), B: 90% pelet + 5% TKBNM + 5 % TKBM, C: 80% pelet + 10% TKBNM + 10% TKBM, dan D: 70% pelet + 15% TKBNM + 15% TKBM. Parameter uji meliputi kandungan karotenoid, kecerahan warna ikan, berat mutlak, panjang mutlak, laju pertumbuhan spesifik, rasio konversi pakan, efisiensi pemanfaatan pakan dan kelangsungan hidup dan kualitas air. Data dianalisa menggunakan Analysis of Variance (ANOVA) dan dilanjutkan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung kulit buah naga merah dan manggis pada pakan komersil dapat meningkatkan kecerahan warna ikan koi serta dapat mempengaruhi laju pertumbuhan spesifik dan berat mutlak. Penambahan tepung kulit buah naga merah dan manggis sebanyak 5% memberikan kemampuan yang sama dengan pakan komersil dalam meningkatkan laju pertumbuhan spesifik dan berat mutlak ikan koi yaitu 0,94 %/hari dan 0,42 g yang didukung oleh kandungan karotenoid ikan koi sebesar 9,67 µmol/g, nilai Redness (a*) sebesar 8,47 Yellowness (b*) sebesar 8.03, Lghtness (L*) sebesar 56,24 dan Hue sebesar 40.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): buah naga; ikan koi; karotenoid; manggis; tepung
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:48
Last Modified: 07 Nov 2023 07:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43155

Actions (login required)

View Item View Item