ANALISIS TUNDAAN PADA SIMPANG BERSINYAL AKIBAT HAMBATAN SAMPING (STUDI KASUS : SIMPANG AIRLANGGA, MATARAM) Analysis of Delay at Signalised Intersection Due To Side Friction (Study Case Airlangga Intersection, Mataram)

RAHMA, KHOIRUNNISA (2023) ANALISIS TUNDAAN PADA SIMPANG BERSINYAL AKIBAT HAMBATAN SAMPING (STUDI KASUS : SIMPANG AIRLANGGA, MATARAM) Analysis of Delay at Signalised Intersection Due To Side Friction (Study Case Airlangga Intersection, Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Rahma Khoirunnisa F1A118071.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah Rahma Khoirunnisa F1A118071.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Simpang Airlangga merupakan salah satu simpang yang terletak di Kota Mataram. Simpang ini terletak di sekitar kawasan perdagangan dan jasa. Pada setiap pendekat simpang terdapat kawasan pertokoan. Pada jalan Pemuda terdapat permukiman, sekolah dan pertokoan. Sehingga banyak kendaraan keluar masuk gang dan parkir/berhenti pada sisi jalan. Kondisi tersebut menyebabkan volume kendaraan yang melewati simpang ini cukup tinggi. Volume kendaraan yang tinggi berpotensi menyebabkan permasalahan transportasi, salah satunya adalah tundaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai tundaan dan hambatan samping pada Simpang Airlangga, pengaruh hambatan samping terhadap tundaan Simpang Airlangga, serta penanganan hambatan samping pada Simpang Airlangga. Analisis data menggunakan pedoman MKJI 1997 dan analisis pengaruh menggunakan Microsoft Excel. Hasil analisis kondisi eksisting, diperoleh volume kendaraan tertinggi sebesar 3.088 kend/jam dan kejadian hambatan samping tertinggi sebesar 314,9 kejadian/jam. Derajat kejenuhan tertinggi sebesar 0,84 dengan tundaan simpang sebesar 105,01 det/smp. Penanganan terbaik untuk menangani hambatan samping adalah dengan menghilangkan kendaraan parkir atau berhenti dan kendaraan tak bermotor pada setiap pendekat Simpang Airlangga. Hasil dari alternatif tersebut dapat menurunkan tundaan hingga 11,78%, yang semula 69,50 det/smp menjadi 61,25 det/smp

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): tundaan, hambatan samping, simpang bersinyal
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:48
Last Modified: 07 Nov 2023 07:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43159

Actions (login required)

View Item View Item