ANALISIS UNSUR INSTRINSIK NOVEL ”LURUH KUNCUP SEBELUM BERBUNGA” KARYA MIRA W DAN MANFAATNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SLTP

SUMARNI, SUMARNI (2010) ANALISIS UNSUR INSTRINSIK NOVEL ”LURUH KUNCUP SEBELUM BERBUNGA” KARYA MIRA W DAN MANFAATNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SLTP. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
B_ ISI_ BAB I,II,III,IV,V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)

Abstract

Karya sastra jenis prosa fiksi yang dipilih sebagai bahan kajian dalam penulisan ini adalah novel. Novel merupakan karya sastra yang secara luas dan mendalam mengungkapkan berbagai aspek kehidupan. Imajinasinya(pengarang) dibangun melalui unsur instrisik dan di dalamnya terdapat nilai-nilai pendidikan yang tersirat maupun tersurat. Nilai – nilai pendidikan itulah yang dibutuhkan bagi siswa-siswi SMP untuk mendewasakan diri, menemukan jati diri, sehingga mampu membentuk sumber daya manusia yang berbudaya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah unsur intrinsik novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga karya Mira W. Dari segi sastra, dan bagaimanakah manfaat sebagai bahan ajar sastra di SMP. Tujuan dari penelitian ini adalah menulis unsur intrinsik novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga karya Mira W. Dari segi sastra, menilai bagaimanakah manfaat sebagai bahan ajar sastra di SMP. Sesuai permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini, maka pendekatan yang digunakan adalah memakai pendekatan obyektif. Sedangkan unsur-unsur yang diteliti unsur instrinsik dan mencari nilai-nilai pendidikan sebagai bahan ajar sastra di SMP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga Karya Mira W. memiliki unsur-unsur instrinsik seperti: (tema, alur/plot, tokoh/penokohan, latar/setting, tegangan, suasana, pusat pengisahan dan gaya bahasa) Dan. Nilai pendidikan yaitu nilai pendidikan etika, pendidikan moral, pendidikan sosial, dan pendidikan religius. Sehingga novel Luruh Kuncup Sebelum Berbunga Karya Mira W. dapat dijadikan bahan ajar apresiasi sastra Indonesia untuk SMP, karena sesuai dengan prinsip-prinsip dan kriteria bahan ajar apresiasi sastra indonesiaa untuk SMP.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ilai pendidikan etika, pendidikan moral, pendidikan sosial, dan pendidikan religius.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 May 2018 01:32
Last Modified: 26 May 2018 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4316

Actions (login required)

View Item View Item