PERAN RUTGERS INDONESIA MELALUI PROGRAM POWER TO YOU(TH) DALAM PENCEGAHAN PERKAWINAN ANAK DI INDONESIA (STUDI KASUS : PULAU LOMBOK)

HAEKAL, ARDIANSYAH (2023) PERAN RUTGERS INDONESIA MELALUI PROGRAM POWER TO YOU(TH) DALAM PENCEGAHAN PERKAWINAN ANAK DI INDONESIA (STUDI KASUS : PULAU LOMBOK). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_HAEKAL ARDIANSYAH_L1A019049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkawinan anak saat ini menjadi permasalahan yang banyak terjadi secara global khususnya pada negara-negara berkembang seperti Indonesia. Indonesia merupakan negara dengan kasus perkawinan anak tertinggi ke-8 didunia dan tertinggi ke-2 di ASEAN. Hal ini menjadi permasalahan yang mengundang perhatian banyak pihak salah satunya Non-Governmental Organization (NGO) yakni Rutgers Indonesia. Rutgers Indonesia adalah salah satu NGO yang telah bekerja sejak 1997 di Indonesia dengan tujuan meningkatkan Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi (HKSR) serta mencegah Kekerasan Berbasis Gender dan Seksual (KBGS). Pada tahun 2021, Rutgers Indonesia mulai mengimplementasikan program Power to You(th) yang didanai oleh Kementerian Luar Negeri Belanda dengan membawa isu perkawinan anak, kehamilan remaja, dan KBGS di 7 negara termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, Power to You(th) di impelemtasikan salah satunya di Lombok dengan kasus perkawinan anak tertinggi ke-7. Hal ini menjadi permasalahan yang mengundang perhatian Rutgers Indonesia untuk melakukan pencegahan perkawinan anak di Lombok. Oleh karena itu, untuk melihat bagaimana peran Rutgers Indonesia dalam pencegahan perkawinan anak di Lombok melalui program Power to You(th), penulis menggunakan konsep NGO dalam melihat peran-peran yang dilakukan Rutgers Indonesia dalam pencegahan perkawinan anak di Lombok dan Theory of Change atau Teori Perubahan untuk melihat perubahan yang menjadi tujuan jangka panjang dari program Power to You(th) oleh Rutgers Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Rutgers Indonesia, Power to You(th), Perkawinan Anak
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:48
Last Modified: 07 Nov 2023 07:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43167

Actions (login required)

View Item View Item