PERAN KOLABORATIF PEMERINTAH DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN: ANALISIS MEETINGS, INCENTIVES, CONVENTIONS, EXHIBITIONS (MICE) DALAM KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) MANDALIKA

Muhammad Syarif, Lazuardi (2023) PERAN KOLABORATIF PEMERINTAH DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN: ANALISIS MEETINGS, INCENTIVES, CONVENTIONS, EXHIBITIONS (MICE) DALAM KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) MANDALIKA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
(fix terbaru) PERAN PEMERINTAH DALAM PENETAPAN KAWASAN EKONOMI KHUSUS-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
[Jurnal] PERAN KOLABORATIF PEMERINTAH DALAM PENINGKATAN PEREKONOMIAN.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

KEK Mandalika ditetapkan pada tahun 2014 melalui PP No 52 tahun 2014. Peresmian KEK Mandalika dilakukan pada tahun 2017 sekaligus menandakan beroperasinya KEK Mandalika. KEK Mandalika merupakan KEK dengan fokus pengembangan pariwisata dengan konsep sport tourism serta mengembangkan industri MICE Pariwisata di dalamnya. Pengembangan pariwisata di KEK Mandalika dengan mengedepankan konsep sport tourism tidak lepas dari kerja sektor swasta dan sektor publik atau pemerintah yang bekerja secara kolaboratif. Peran pemerintah dalam pengembangan destinasi pariwisata di KEK Mandalika memberikan insentif dan kemudahan dalam KEK bagi pelaku usaha bertujuan untuk pengembangan pariwisata di kawasan. Fasilitas dan kemudahan yang diberikan yaitu insentif fiskal antara lain PPh Badan berupa tax allowance tax holiday, dan pajak deviden serta dalam aspek perpajakan meliputi fasilitas PPN dan PPnBM. Kemudian untuk fasilitas non-fiskal pemerintah menyediakan bagi pelaku usaha yang diatur dalam PP Nomor 40 tahun 2021 tentang penyelenggaraan KEK, insentif non-fiskal berupa fasilitas dan kemudahan- kemudahan lainnya di dalam KEK. Kerjasama dilakukan oleh sektor pemerintah dan swasta melakukan kontribusi dalam pengembangan pariwisata dengan konsep sport tourism mendukung perkembangan MICE Pariwisata di KEK Mandalika yang memiliki dampak pada perekonomian Provinsi NTB.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): KEK Mandalika, Peran Pemerintah, MICE Pariwisata.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:49
Last Modified: 07 Nov 2023 07:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43173

Actions (login required)

View Item View Item