STRATEGI TIONGKOK DALAM MENCAPAI KEPENTINGAN NASIONALNYA MELALUI CHINA-TAJIKISTAN BILATERAL INVESTMENT TREATY

Nur Muhammad, Fadhlullah (2023) STRATEGI TIONGKOK DALAM MENCAPAI KEPENTINGAN NASIONALNYA MELALUI CHINA-TAJIKISTAN BILATERAL INVESTMENT TREATY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Nur Muh Fadhlullah_L1A018097 - for merge (bagian 5).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Nur Muh Fadhlullah_L1A018097_Jurnal.pdf

Download (414kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui China-Tajikistan Bilateral Investment Treaty, serta kepentingan nasional Tiongkok dan strateginya dalam memperkuat pengaruhnya melalui perjanjian kerjasama tersebut. Data yang digunakan adalah data runutan waktu 1993-2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan. Untuk menganalisa data, penulis menggunakan teori dependensi dengan konsep national interest untuk melihat sejauh mana strategi Tiongkok dalam memaksimalkan perannya dalam China-Tajikistan Bilateral Investment Treaty. Adapun hasil dari penelitian tersebut ditemukan setidaknya terdapat tiga strategi utama Tiongkok, yaitu peningkatan Jalan Raya Pamir, Pembangunan Rogun Hydropower Plant, serta Loan Trap terhadap pembangunan infrastruktur yang akan memudahkan Beijing dalam mengintervensi kebijakan Dushanbe baik terkait masalah ekonomi maupun keamanan dalam kerangka Belt Road Initiative.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): China-Tajikistan Bilateral Investment Treaty, Tiongkok, Tajikistan, Silk Road, Belt Road Initiative
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:49
Last Modified: 07 Nov 2023 07:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43174

Actions (login required)

View Item View Item