Aspek Struktural dan Nilai Pendidikan Novel “Miskin Kok Mau Sekolah..?!” Sekolah dari Hongkong…!!! Karya Wiwid Prasetyo

KATUTARI, NOPYASTUTY ADE (2010) Aspek Struktural dan Nilai Pendidikan Novel “Miskin Kok Mau Sekolah..?!” Sekolah dari Hongkong…!!! Karya Wiwid Prasetyo. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PASCA UJIAN.doc
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena novel ini sangat menarik untuk dikaji. Masalah yang dibahas adalah bagaimana aspek struktural (tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, sudut pandang, dan amanat) dan nilai pendidikan (moral, sosial, agama). Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan penulisan skripsi ini yaitu untuk mendeskripsikan aspek struktural dan nilai pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk menghasilkan data deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain: metode studi pustaka, dokumentasi, dan observasi. Sesuai dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini, maka data yang sudah terkumpul akan dianalisis dengan teknik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, yang menjadi temuan dalam penelitian ini adalah: novel ini bertemakan harapan dan cita-cita yang kuat untuk bersekolah; terdiri dari tokoh utama dan tokoh tambahan, tokoh antagonis dan protagonis, dan perwatakannya dibedakan ke dalam tokoh sederhana (simple atau flat character) dan tokoh kompleks atau tokoh bulat (complex atau round character); latar novel ini mencakup empat hal yaitu: latar waktu, tempat, suasana, dan sosial; alur yang digunakan pada novel ini adalah alur campuran; sudut pandang yang digunakan adalah persona pertama atau bergaya “aku” dan persona ketiga atau bergaya “dia”; amanat pada novel ini adalah betapa pentingnya pendidikan khususnya pendidikan formal yang sejatinya bertujuan membawa manusia keluar dari kungkungan kebodohan. Novel ini juga mengajarkan agar manusia senantiasa menanamkan dan mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan dalam kehidupan pribadi, sosial, dan hubungannya dengan Tuhan. Sedangkan nilai pendidikan yang terdapat pada novel ini dibagi menjadi tiga yakni: nilai pendidikan moral, sosial, dan agama. Setiap karya sastra pada dasarnya mengandung nilai-nilai yang dapat memberi manfaat sebagai pedoman hidup pembacanya sehingga hendaknya karya-karya sastra yang ada dapat diapresiasikan secara maksimal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai pedoman atau pengalaman dalam menjalani dan menyikapi segala sesuatu yang terjadi dalam hidup ini. Khusus untuk peneliti-peneliti muda, diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi agar hasilnya lebih baik. Bagi peneliti objek yang sama, disarankan dapat dikembangkan lebih lanjut terutama pada nilai-nilai kehidupan yang multidimensi seperti nilai sosial ekonomi dan nilai sosial politik agar lebih komprehensif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): novel ini bertemakan harapan dan cita-cita yang kuat untuk bersekolah; terdiri dari tokoh utama dan tokoh tambahan, tokoh antagonis dan protagonis, dan perwatakannya dibedakan ke dalam tokoh sederhana
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 May 2018 01:38
Last Modified: 26 May 2018 01:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4318

Actions (login required)

View Item View Item