KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DESA SESAOT DALAM MENJAGA EKSISTENSI SEBAGAI DESA WISATA BERKELANJUTAN

SEPTIYANA, RIZKIKA (2023) KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DESA SESAOT DALAM MENJAGA EKSISTENSI SEBAGAI DESA WISATA BERKELANJUTAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SEPTIYANA RIZKIKA (L1B019107).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SEPTIYANA RIZKIKA (L1B019107).pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

Desa wisata Sesaot merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Lombok Barat yang dinobatkan sebagai peraih penghargaan Indonesia Sustainable Tourism Awards 2019 pada kategori pelestarian lingkungan dan mendapat sertifikat Desa Wisata Berkelanjutan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun 2021. Dalam pegelolaannya mengusung konsep Community Based Tourism, yaitu melibatkan masyarakat dalam kegiatan pembangunan pariwisata. Dengan konsep tersebut dibutuhkan komunikasi sebagai alat atau saluran penyampaian informasi sehingga ide – ide atau gagasan pembangunan dalam bidang pariwisata dapat diterima oleh semua pihak. Oleh sebab itu peneliti ingin mengetahui bagaimana proses komunikasi pembangunan Desa Sesaot dalam menjaga eksistensi sebagai desa wisata berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan peneliti sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat suatu inovasi pembangunan pariwisata yang difokuskan pada pengelolaan terhadap potensi desa menjadi Pusat Rekreasi Masyarakat. Komunikasi pembangunan yang dilakukan adalah bagaimana suatu inovasi tersebut dapat diterima oleh masyarakat, kemudian pada prosesnya komunikasi yang dilakukan adalah komunikasi langsung melalui kegiatan sosialisasi dan musyawarah, komunikasi kelompok kolaborasi antara pemerintah desa dan kelompok sadar wisata, serta komunikasi pembangunan partisipatif yaitu partisipasi dalam pengambilan keputusan, pelaksanaan, menarik manfaat, dan dalam evaluasi. Sehingga melalui proses komunikasi tersebut ide atau gagasan pembangunan dapat diterima oleh masyarakat dan berkembang pada pembenahan potensi desa lainnya yang dikembangkan menjadi paket-paket wisata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Desa Wisata, Pariwisata Berkelanjutan, Komunikasi Pembangunan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:49
Last Modified: 07 Nov 2023 07:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43190

Actions (login required)

View Item View Item