PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU MELALUI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) DI SDN 3 BATU MEKAR KECAMATAN LINGSAR

BENI, SAPUTRA (2023) PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL DAN PEDAGOGIK GURU MELALUI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) DI SDN 3 BATU MEKAR KECAMATAN LINGSAR. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

Untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan profesinya seorang guru harus membekali diri dan terus meningkatkan kompetensi yang dimiliki terutama kompetensi professional dan pedagogik yang salah satunya bisa dilakukan dengan mengikuti program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan PKB yang dapat peningkatan kompetensi profesional dan pedagogik guru di SDN 3 Batu Mekar. Metode yang digunakan pada penelitian adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis data reduksi, display, kesimpulan dan verifikasi data. Keabsahan data diuji dengan kredibiltas, transferabilitas, dependabilitas, konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan PKB dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Perencanan dilakukan dengan menganalisis hasil UKG dan PKG. Tahap pelaksanaan dilakukan dengan melakukan diskusi di skolah, mengikuti KKG dan mengikuti organisasi keprofesian lain di luar KKG. Tahap Evaluasi dilakukan dengan melakukan supervisi dan PKG. Tahap Refleksi dilakukan dengan memilih dan memilah kegiatan yang sudah maupun yang belum terlaksana. 2) Peningkatan kompetensi profesional melalui PKB dilakukan dengan diskusi di sekolah dan mengikuti KKG. Diskusi dan materi KKG tersebut diantaranya: Perencanaan pembelajaran, Penggunaan metode, media, strategi yang variatif, Penguasaan materi pembelajaran dan Penggunaan IT dalam pembelajaran. 3) Peningkatan kompetensi pedagogik melalui PKB dilakukan dengan berdiskusi dan mengikuti KKG.Topik diskusi dan materi KKG yang dilakukan yang membahas tentang: melihan kesipan belajar peserta didik, penyajian materi dari yang mudah ke yang sulit, menyesuaikan silabus dengan perkembangan IPTEK, penggunaan Bahasa yang mudah difamai, melibatkan peserta didik dalam pembelajaran, melakukan pembimbingan dan melakukan evaluasi. 4) Peningkatan kompetensi profesional dan pedagogik melalui PKB ini, bisa dilihat dari hasil supervisi dan Penilaian Kinerja Guru (PKG).

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Peningkatan Kompetensi Profesional dan Kompetensi pedagogik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 07 Nov 2023 23:46
Last Modified: 07 Nov 2023 23:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43197

Actions (login required)

View Item View Item