NILAI NUTRISI PROTEIN KASAR (PK) DAN SERAT KASAR (SK) RUMPUT GAJAH MINI (Pennisetum purpureum cv.Mott) YANG DIBERI KOMBINASI PUPUK ORGANIK DAN N ANORGANIK

DIANA, SAPITRI (2023) NILAI NUTRISI PROTEIN KASAR (PK) DAN SERAT KASAR (SK) RUMPUT GAJAH MINI (Pennisetum purpureum cv.Mott) YANG DIBERI KOMBINASI PUPUK ORGANIK DAN N ANORGANIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIANA SAPITRI (B1D019056).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL DIANA SAPITRI (B1D019056).pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kandungan Nilai Nutrisi Protein Kasar dan Serat Kasar Rumput Gajah Mini/Odot (Pennisetum purpureum cv.Mott) yang diberi Kombinasi Pupuk Organik (Kotoran Sapi) dan N Anorganik (Urea). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2023 yang berlokasi di Teaching Farm Universitas Mataram – Lingsar dan di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Materi yang digunakan adalah Rumput Odot, pupuk organik (kotoran sapi), pupuk anorganik (urea), pupuk posfat-36 dan KCl. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola searah yang terdiri atas 6 perlakuan dan 3 ulangan, keenam perlakuan tersebut adalah : P1 (rumput odot + pupuk kotoran sapi (0%) + pupuk urea (0%), P2 (rumput odot + pupuk kotoran sapi (0%) + pupuk urea (100%), P3 (rumput odot + pupuk kotoran sapi (25%) + pupuk urea (75%), P4 (rumput odot + pupuk kotoran sapi (50%) + pupuk urea (50%), P5 (rumput odot + pupuk kotoran sapi (75%) + pupuk urea (25%), P6 (rumput odot + pupuk kotoran sapi (100%) + pupuk urea (0%). Variabel yang diamati adalah kandungan nilai nutrisi protein kasar dan serat kasar. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan analisis ragam dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncans . Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kombinasi pupuk organik dan anorganik memberikan pengaruh nyata (P<0,05) terhadap kandungan protein kasar dan serat kasar. Kandungan protein kasar tertinggi terdapat pada perlakuan P3 rumput odot + pupuk kotoran sapi (25%) + pupuk urea (75%) dengan nilai rataan 13,54%. Sedangakn kandungan serat kasar terendah terdapat pada perlakuan P2 (rumput odot + pupuk kotoran sapi (0%) + pupuk urea (100%) dengan nilai rataan 26,89%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Rumput Gajah Mini, Protein Kasar, Pupuk, Serat Kasar
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2023 00:17
Last Modified: 09 Nov 2023 00:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43209

Actions (login required)

View Item View Item