RESPON AMERIKA SERIKAT UNTUK MENYEIMBANGKAN KEKUATAN CINA MELALUI AUKUS DALAM KLAIM KEDAULATAN CINA DI LAUT CINA SELATAN

Dimas Idham, Santoso (2023) RESPON AMERIKA SERIKAT UNTUK MENYEIMBANGKAN KEKUATAN CINA MELALUI AUKUS DALAM KLAIM KEDAULATAN CINA DI LAUT CINA SELATAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Dimas Idham Santoso_L1A019033.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Skripsi_Dimas Idham Santoso_L1A019033.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis pembentukan AUKUS sebagai pakta pertahanan baru sebagai respon Amerika Serikat atas aksi klaim kedaulatan sepihak yang dilakukan Cina di Laut Cina Selatan. Kurangnya kehadiran Amerika Serikat yang selama beberapa dekade terakhir terlalu sibuk dengan operasi militernya di kawasan timur tengah membuat Cina lebih leluasa melakukan maneuver-manuver agresif di kawasan asia pasifik yang kemudian menimbulkan ketidakseimbangan kekuasaan akibat kekuatan militer Cina yang jauh lebih unggul di atas negara-negara aliansi Amerika Serikat di Asia seperti Filipina dan Australia. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena peristiwa yang dialami subjek melalui uraian. Lebih lanjut penelitian ini menggunakan Teori Balance of Power dan Konsep Detterence sebagai alat analisis untuk memahami materi yang diangkat dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan AUKUS dibentuk akibat kemunduran Amerika Serikat dalam berbagai sektor yang bersamaan dengan bangkitnya Cina sebagai salah satu negara adidaya baru. Dipilihnya Australia dan Inggris dalam kerjasama ini diharapkan dapat menjadi dukungan tambahan untuk menekan Cina di Laut Cina Selatan melalui program jangka pendek dan jangka Panjang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): AUKUS, Amerika Serikat, Australia, Inggris.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2023 00:18
Last Modified: 09 Nov 2023 00:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43212

Actions (login required)

View Item View Item