ANALISIS HIERARKI KEBUTUHAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL DAUN YANG JATUH TAK PERNAH MEMBENCI ANGIN KARYA TERE LIYE: KAJIAN PSIKOLOGI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW

BAIQ ELA, NURMAYANTI (2023) ANALISIS HIERARKI KEBUTUHAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL DAUN YANG JATUH TAK PERNAH MEMBENCI ANGIN KARYA TERE LIYE: KAJIAN PSIKOLOGI HUMANISTIK ABRAHAM MASLOW. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAIQ ELA NURMAYANTI E1C019029 (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (616kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diajukan dalam skripsi ini adalah untuk memenuhi hierarki kebutuhan tokoh utama Tania dalam novel Daun Jatuh Tak Pernah Benci Angin karya Tere Liye : Penelitian psikologi humanistik Abraham Maslow . Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepuasan hierarki kebutuhan tokoh utama Tania dalam novel Daun Jatuh Tak Pernah Benci Angin karya Tere Liye: Penelitian psikologi humanistik Abraham Maslow. Metode dan teknik pengumpula data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan (1) metode penelitian kepustakaan, (dua) teknik catat. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan metode deskripsi kualitatif. Hasil analisis novel Tere Liye Daun Jatuh Tak Pernah Membenci Angin menunjukkan terdapat 5 kebutuhan multi level, antara lain: Kebutuhan fisiologis, kebutuhan dasar manusia yang paling mendesak, meliputi kebutuhan akan pangan, istirahat, udara, sandang, dan papan. Kebutuhan rasa aman, yaitu kebutuhan yang mendorong individu untuk mencapai kedamaian, keamanan, dan ketertiban dari kondisi lingkungannya, sehingga menimbulkan adanya kebutuhan akan perlindungan, ketakutan, dan kecemasan. Kebutuhan untuk dimiliki dan dimiliki, kebutuhan yang memotivasi individu untuk membentuk hubungan efektif atau ikatan emosional dengan individu lain. Kebutuhan harga diri, perasaan dihargai, prestasi dan harga diri. Kebutuhan aktualisasi diri, kebutuhan ini terpuaskan jika kebutuhan dasar telah terpenuhi dan terpuaskan. Dengan mencapai realisasi diri, tujuh hal akan terpenuhi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hierarki, Tokoh Utama, Psikologi Humanistik
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2023 00:18
Last Modified: 09 Nov 2023 00:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43225

Actions (login required)

View Item View Item