ANALISIS RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN METODE HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT, AND RISK CONTROL (HIRARC) PADA PROYEK PEMBANGUNAN VILLA LAYANG KAWASAN TAMPAH HILLSSEASIDE SOCIETY LOMBOK Risk Analysis of Occupational Health and Safety (OHS) with Hazard Identification, Risk Assessment, and Risk Control (HIRARC) Method on the Construction Project of Villa Layang in the area of Tampah HillsSeaside Society Lombok

Dwyardi Fajariswana, Oktamanira (2023) ANALISIS RISIKO KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3) DENGAN METODE HAZARD IDENTIFICATION, RISK ASSESSMENT, AND RISK CONTROL (HIRARC) PADA PROYEK PEMBANGUNAN VILLA LAYANG KAWASAN TAMPAH HILLSSEASIDE SOCIETY LOMBOK Risk Analysis of Occupational Health and Safety (OHS) with Hazard Identification, Risk Assessment, and Risk Control (HIRARC) Method on the Construction Project of Villa Layang in the area of Tampah HillsSeaside Society Lombok. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir - Dwyardi F.O. (F1A118024).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah - Dwyardi F.O. (F1A118024).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Villa Layang merupakan salah satu dari 150 villa yang akan dibangun pada kawasan Tampah Hills-Seaside Society Lombok. Proyek ini merupakan salah satu proyek milik PT. Lombok Invest and Development yang dikerjakan oleh PT. Tunas Jaya Sanur sebagai kontraktor. Dalam pelaksanaannya memiliki tingkat risiko kecelakaan kerja yang cukup tinggi akibat proses konstruksinya yang dikerjakan pada area perbukitan dengan kemiringan yang curam. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis potensi kecelakaan kerja yang terjadi sehingga dapat dilakukan pencegahannya. Penelitian ini menggunakan metode HIRARC dengan melakukan identifikasi bahaya, penilaian risiko dan pengendalian risiko. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kombinasi dimana data primer dalam penelitain ini didapat melalui penyebaran kuesioner kepada pihak – pihak yang terlibat dalam proyek pembangunan Villa Layang dan data sekunder diperoleh dari berbagai sumber yang terkait dengan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 339 potensi bahaya yang dapat terjadi pada 16 tahapan pekerjaan pada proyek Villa Layang. Berdasarkan hasil dari analisis data terdapat 32 potensi bahaya dengan tingkat risiko rendah, 154 potensi bahaya dengan tingkat risiko sedang, dan 153 potensi bahaya dengan tingkat risiko tinggi. Upaya pengendalian yang dapat diterapkan yaitu berupa engineering control, administrasi dan penggunaan APD.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bahaya, Risiko, Potensi Kecelakaan Kerja, HIRARC
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2023 00:18
Last Modified: 09 Nov 2023 00:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43230

Actions (login required)

View Item View Item