STRATEGI KOMUNIKASI DINAS SOSIAL KOTA MATARAM DALAM MEMBERIKAN INFORMASI MENGENAI PROGRAM UNIVERSAL HEALTH COVERAGE (UHC)

Alsya, Salsabila (2023) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS SOSIAL KOTA MATARAM DALAM MEMBERIKAN INFORMASI MENGENAI PROGRAM UNIVERSAL HEALTH COVERAGE (UHC). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ALSYA_SALSABILA_SKRIPSI_DONE (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
ALSYA SALSABILA_JURNAL_SKRIPSI (1).pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Dinas Sosial Kota Mataram merupakan salah satu lembaga yang bergerak dalam menangani berbagai isu-isu sosial yang beredar di masyarakat khususnya di Kota Mataram. Dinas Sosial Kota Mataram bertugas untuk menganalisa serta mensurvei isu-isu sosial yang ada untuk kemudian dibuatkan kebijakan-kebijakan untuk mengatasi beragam isu tersebut. Peran Dinas Sosial Kota Mataram tidak jauh beda dengan peran pekerjaan sosial lainnya, yaitu membantu masyarakat meningkatkan dan menggunakan kemampuannya secara efektif untuk melaksanakan tugas-tugas kehidupan dan memecahkan masalah-masalah sosial yang mereka alami. Tak terkecuali dengan kebijakan kesehatan yang bernama Universal Health Coverage (UHC) ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Dinas Sosial Kota Mataram dalam memberikan informasi mengenai program UHC. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan menggunakan metode triangulasi sumber sebagai teknik keabsahan data. Melalui penelitian ini ditemukan bahwa strategi komunikasi Dinas Sosial Kota Mataram dilakukan secara verbal dengan memanfaatkan suatu layanan yang disebut dengan layanan satu pintu. Strategi komunikasi dianalisis berdasarkan 3 hal, yakni penentuan khalayak, penetapan metode, dan penyusunan pesan. Selain itu juga terdapat evaluasi yang dilakukan oleh Dinsos Kota Mataram terkait pelayanan staf front officer selaku yang memberikan informasi mengenai program UHC kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Dinas Sosial Kota Mataram, program UHC, dan strategi komunikasi.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2023 00:18
Last Modified: 09 Nov 2023 00:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43233

Actions (login required)

View Item View Item