PENGARUH KECANDUAN GAME ONLINE PADA PERUBAHAN SIKAP SOSIAL DAN SPIRITUAL MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MATARAM

RAHMADANI SALSABILAH, FITRATUNNISA (2023) PENGARUH KECANDUAN GAME ONLINE PADA PERUBAHAN SIKAP SOSIAL DAN SPIRITUAL MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal Rahmadani Salsabilah Fitratunnisa.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya fenomena game online yang dimana banyak mahasiswa yang menjadi kecanduan dalam bermain game. Akibat dari kecanduan game online banyak mahasiswa mengalami perubahan dalam hidupnya seperti melalaikan kewajibannya sebagai mahasiswa yaitu menjadi malas belajar, jarang masuk kelas dan sering tidur didalam kelas hal ini karena disebabkan mereka terlalu banyak menghabiskan waktu bermain game online. Mahasiswa yang kecanduan game online lebih banyak mengurng diri di dalam kamar sehingga menyebabkan mereka sedikit bisa meluangkan waktunya untuk berkumpul dengan orang disekitarnya seperti bersama keluarga dan temantemannya. Selain itu, mahasiswa yang kecanduan game online menjadi malas untuk melaksanakan perintah agama seperti beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecanduan game online pada perubahan sikap sosial dan spiritual mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kobservasi, dokumentasi dan penyebaaran kuesioner. Responden dalam penelitian ini sebanyak 38 orang yang memenuhi 5 kriteria seorang yang kecanduan game online: Salience (kemenonjolan), Mood modififation (modifikasi suasana hati), Tolerance (toleransi), Conflict (konflik) dan Relapse (kambuh). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis manova. Hasil pada penelitian ini yaitu kecanduan game online tidak memiliki pengaruh terhadap perubahan sikap sosial dan sikap spiritual mahasiswa Fakultas Kaguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kecanduan Game Online, Sikap Sosial, Sikap Spiritual, Mahasiswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2023 00:18
Last Modified: 09 Nov 2023 00:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43241

Actions (login required)

View Item View Item