PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISON (InSTAD) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK

TRI AISYA ADE, KANTARI M.T (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISON (InSTAD) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI TRI AISYA ADE KANTARI M.T (E1Q019078) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text
1496. Letter Of Acceptance (LoA) - Penulis -Tri Aisya Ade Kantari MT, Wahyudi, Kosim, Jannatin Ardhuha.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran InSTAD terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari self confidence peserta didik dan apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self confidence terhadap hasil belajar fisika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu factorial design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 2 Gerung dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar fisika peserta didik di kelas eksperimen dan kontrol adalah 77,38 dan 72,22. Pada hasil penelitian diperoleh juga nilai rata-rata dari self confidence peserta didik yang dikualifikasi menjadi dua kategori yaitu self confidence tinggi dan self confidence rendah. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada kelas eksperimen terdapat 12 peserta didik dengan self confidence tinggi dengan rata-rata 68,92, dan 9 peserta didik dengan self confidence rendah dengan rata-rata 55,11. Sedangkan pada kelas kontrol terdapat 7 peserta didik dengan self confidence tinggi dengan rata-rata 64,71, dan 11 peserta didik dengan self confidence rendah dengan rata-rata 56. Data model pembelajaran InSTAD, self confidence, dan hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji anava dua jalan pada taraf signifikan 5% sehingga diperoleh Fhitung > Ftabel (67,09 > 4,12) untuk pengaruh model pembelajaran InSTAD dengan hasil belajar, Fhitung < Ftabel (1,46 < 4,12) untuk pengaruh self confidence dengan hasil belajar, dan Fhitung < Ftabel (3,44 < 4,12) untuk interaksi model pembelajaran dengan self confidence terhadap hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran InSTAD berpengaruh terhadap hasil belajar, sedangkan self confidence tidak berpengaruh terhadap hasil belajar, serta tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan self confidence terhadap hasil belajar fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Inquiry Student Team Achievement Division (InSTAD), self confidence, dan hasil belajar.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2023 00:18
Last Modified: 09 Nov 2023 00:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43244

Actions (login required)

View Item View Item