MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MOMENTUM DAN IMPULS

NINING, FITRIANI (2023) MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MOMENTUM DAN IMPULS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NINING FITRIANI ( E1Q019054 ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL NINING.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji model problem based learning berbantuan video untuk meningkatkan pemahaman konsep momentum dan impuls. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA disalah satu MA Lombok Timur. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalen control group, dimana kedua sampel tadi akan diberikan perlakuan yang berbeda. Untuk kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan model problem based learning berbantuan video, sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Pemahaman konsep yang diukur ada tujuh indikator. Instrumen yang digunakan berupa tes soal essay sebanyak sembilan soal. Data pemahaman konsep dianalisis menggunakan statistik parametrik, yaitu t-tets polled varians sehingga dapat disimpulan bahwa model problem based learning berbantuan video meningkatan pemahaman konsep momentum dan impuls. Peningkatan tertinggi untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat pada indikator mencontohkan. Pada indikator membandingkan dan menjelaskan terdapat peningkatan yang tidak jauh berbeda. Peningkatan terendah pada kelas eksperimen pada indikator membandingkan dan kelas kontrol pada indikator menafsirkan

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): problem based learning, video, pemahaman konsep
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2023 00:19
Last Modified: 09 Nov 2023 00:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43253

Actions (login required)

View Item View Item