MANAJEMEN KRISIS EVENT ORGANIZER XCREATIVE DALAM MENGEMBALIKAN KEPERCAYAAN PUBLIK (Studi Kasus Pembubaran Acara Festival Musik Bertajuk “i’Fest sing a long ga si” 2021)

Lalu Muhammad Satya, Gunarsyah (2023) MANAJEMEN KRISIS EVENT ORGANIZER XCREATIVE DALAM MENGEMBALIKAN KEPERCAYAAN PUBLIK (Studi Kasus Pembubaran Acara Festival Musik Bertajuk “i’Fest sing a long ga si” 2021). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Manajemen krisis adalah upaya organisasi dalam mengatasi krisis. Upaya dalam manajemen krisis dilakukan secara bertahap dan melalui berbagai aktivitas. Perusahaan atau organisasi harus mampu mengambil keputusan dalam waktu singkat mengenai hal apa yang harus segera dilakukan sebagai upaya manajemen krisis. Manajemen krisis dapat diartikan sebagai suatu bentuk respon dan upaya dalam menyikapi serta memecahkan masalah dari krisis yang muncul melalui strategi manajemen krisis yang mungkin untuk dilakukan. Manajemen krisis berbeda dengan manajemen risiko yang melibatkan unsur penilaian potensi ancaman sekaligus cara terbaik untuk menghindari ancaman artinya tindakan ini dilakukan sebelum sebuah kejadian (risiko) terjadi. Manajemen krisis justru dilakukan ketika ancaman atau peristiwa krisis tersebut terjadi.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen krisis Xcreative Organizer dalam mengembalikan kepercayaan publik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptifdengan subjek penelitian para pemegang kepentingan di Xcreative Organizer. Objek dalam penelitian ini adalah manajemen krisis Event Organizer dalam mengembalikan kepercayaan masyarakat. Peneliti menggunakan metode wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi untuk mendapatkan data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman dengan langkah-langkah, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa Xcreative Organizer menerapkan teori Situational Crisis Communication Theory dan Crisis Response Strategy dalam manajemen krisis yang dilakukan. Manajemen Krisis tersebut dapat menjadi salah satu upaya dalam mengembalikan kepercayaan masyarakat dan pemulihan citra.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Manajemen Krisis, Event Organizer, Pengembalian Kepercayaan.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2023 00:19
Last Modified: 09 Nov 2023 00:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43270

Actions (login required)

View Item View Item