PRODUKTIVITAS SPESIES LEBAH TRIGONA YANG DIBUDIDAYAKAN DI KELURAHAN KELAYU SELATAN KECAMATAN SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Hasbun, Wardani (2023) PRODUKTIVITAS SPESIES LEBAH TRIGONA YANG DIBUDIDAYAKAN DI KELURAHAN KELAYU SELATAN KECAMATAN SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HASBUN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL HASBUN.pdf

Download (609kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produktivitas dari empat spesies lebah Trigona sp (sapien, clypearis, laeviceps dan fusco-balteata). Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan yaitu: P1 (T. sapien), P2 (T. clypearis), P3 (T. laeviceps) dan P4 (T. fusco-balteata), dan setiap perlakuan terdiri dari lima ulangan. Variabel yang diamati adalah perkembangan jumlah sel telur, perkembangan jumlah pot polen terbentuk, perkembangan jumlah pot madu terbentuk, berat polen, volume madu dan berat propolis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis sidik ragam (ANOVA) dan uji lanjut Duncan’s pada taraf kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa spesies Tetragonula fusco-balteata lebih produktif secara signifikan (P<0,05) dibandingkan dengan ketiga spesies (T. Sapien, T. Clypearis dan T. laeviceps) dalam hal produktivitas jumlah sel telur, jumlah pembentukan pot polen, berat polen dan propolis. Sedangkan spesies Tetragonula clypearis lebih tinggi dalam hal produktivitas jumlah pot madu dan volume madu.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): produktivitas trigona sp, sapien, clypearis, laeviceps, fusco-balteata.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 09 Nov 2023 00:19
Last Modified: 09 Nov 2023 00:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43274

Actions (login required)

View Item View Item