PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG MAGGOT (Hertemia illucens) PADA FORMULASI PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN MAS (Cyprinus carpio)

Baiq Gustina, Mardiana (2023) PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG MAGGOT (Hertemia illucens) PADA FORMULASI PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN IKAN MAS (Cyprinus carpio). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Baiq Gustina Mardiana (C1K018065)-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Baiq Gustina Mardiana (C1K108065).pdf

Download (790kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penambahan tepung maggot (Hermetia illucens) pada formulasi pakan terhadap pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan mas (Cyprinus carpio). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Mei 2023. Penelitian ini dilakukan di laboratorium produksi dan reproduksi, Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram. Pengujian proksimat dilakukan di laboraturium ilmu nutrisi dan Makanan ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Mataram Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pola rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan diuji menggunakan Analysis of Variance (ANOVA), menggunakan empat perlakuan dan tiga ulangan yaitu P1 (0% tepung maggot), P2 (10% tepung maggot), P3 (20% tepung maggot), P4 (30% tepung maggot). Hasil penelitian menunjukkan pemberian maggot pada semua perlakuan paramater berat mutlak, laju pertumbuhan spesifik, rasio konversi pakan (FCR), efisiensi pemanfaatan pakan (EPP), kelangsungan hidup (SR) memberikan pengaruh signifikan pada penelitian yang di uji. Kesimpulan Penambahan tepung maggot yang berbeda pada formulasi pakan dapat mempengaruhi pertumbuhan, dan efesiensi pakan. Penambahan tepung maggot hingga 30% dalam pakan buatan pada pemeliharaan benih ikan mas dapat meningkatkan pertumbuhan lebih baik dari pada menggunakan pakan tanpa penambahan tepung maggot.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ikan Mas Kelangsungan hidup Maggot Pertumbuhan
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2023 10:31
Last Modified: 10 Nov 2023 10:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43284

Actions (login required)

View Item View Item