KONTRIBUSI SEKOLAH PESISI JUANG DALAM MENUMBUHKEMGEMBANGKAN KARAKTER ANAK PESISIR DI LINGKUNGAN BINTARO AMPENAN KOTA MATARAM

Khahfi Yuazi, Isra (2023) KONTRIBUSI SEKOLAH PESISI JUANG DALAM MENUMBUHKEMGEMBANGKAN KARAKTER ANAK PESISIR DI LINGKUNGAN BINTARO AMPENAN KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Khahfi Yuazi Isra_E1B019089.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Jurnal_Khahfi Yuazi Isra_E1B019089.pdf

Download (306kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan mendasar yang harus dimiliki oleh setiap orang. Pendidikan juga seharusnya bisa menjangkau semua lapisan masyarakat, terkhusus pendidikan bagi anak-anak pesisir di lingkungan Bintaro Ampenan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kontribusi Sekolah Pesisi Juang dalam menumbuhkembangkan karakter anak pesisir di lingkungan Bintaro Ampenan Kota Mataram, 2) faktor pendukung dan faktor penghambat Sekolah Pesisi Juang dalam menumbuhkembangkan karakter anak pesisir di lingkungan Bintaro Ampenan. Sebagai upaya dalam mengetahui strategi dan program pembelajaran yang dirancang dalam memenuhi hak pendidikan bagi anak-anak pesisir di Bintaro. Program-program pembelajaran yang dirancang untuk dapat menumbuhkembangkan karakter anak-anak pesisir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data penelitian diperoleh dari infroman dalam hal ini pendiri sekolah dan tenaga pendidik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekink analisis data mengacu pada buku Saldana, Miles dan Huberman yang menyangkup kodensasi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kontribusi Sekolah Pesisi Juang dalam menumbuhkembangkan karakter anak pesisir cukup memberikan dampak yang sangat besar terhadap perubahan karakter anak-anak pesisir Bintaro dengan program-program pembelajaran yang sudah dirancang dan dilaksanakan. Berdidirnya Sekolah Pesisi Juang juga mampu meningkatkan semangat minat belajar dan bermain anak-anak di lingkungan Bintaro Ampenn Kota Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sekolah Pesisi Juang, Karakter, Anak Pesisir
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2023 10:31
Last Modified: 10 Nov 2023 10:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43285

Actions (login required)

View Item View Item