DINAMIKA KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL MY PSYCHOPATH BOY FRIEND KARYA BAYU PERMANA: KAJIAN PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD

Sukma, wati (2023) DINAMIKA KEPRIBADIAN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL MY PSYCHOPATH BOY FRIEND KARYA BAYU PERMANA: KAJIAN PSIKOANALISIS SIGMUND FREUD. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
sripsi sukmawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
artikel sukma (1).pdf

Download (233kB) | Preview

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dinamika kepribadian tokoh Aldrich dalam novel My Psychopath Boy Friend karya Bayu Permana. Penelitian terhadap novel dilakukan dengan menggunakan aspek psikologi sastra, karena tujuan psikologi sastra adalah memahami aspek-aspek kejiwaan yang terkandung dalam suatu karya sastra. Peneltian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode studi pustaka, teknik baca dan teknik catat. Metode analisis dalam peneltian ini menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud, yaitu bagian dinamika kepribadian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data menggunakan kata-kata, kalimat yang menjelaskan tentang kepribadian tokoh. Deskriptif kualitatif terkait dengan kepribadian yang mengacu pada pendekatan psikologi Sigmund Freud yang membagi kepribadian menjadi dua yaitu naluri dan kecemasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dinamika kepribadian dalam novel My Psychopath Boy Friend yaitu (1) naluri, yang terdiri dari naluri hidup terdapat keinginan untuk makan, minum dan libido, dan naluri mati terdapat keinginan untuk mati dan menyakiti diri sendiri. (2) kecemasan, yang terdiri dari kecemasan objektif yang dialami oleh Aldrich berupa kebencian terhadap ayahnya dan trauma di masa lalu, kecemasan neurotik berupa Aldrich merasa paranoid dengan keadaan sekitar dan kecemasan moral berupa Aldrich merasa menyesal atas pebuatan kejamnya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Psikologi, Dinamika Kepribadian, Novel.
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2023 10:32
Last Modified: 10 Nov 2023 10:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43298

Actions (login required)

View Item View Item