ANALISIS INFERIORITAS DAN SUPERIORITAS TOKOH UTAMA NISA DALAM NOVEL SUJUD NISA DI KAKI TAHAJJUD SUBUH KARYA KARTINI NAINGGOLAN KAJIAN PSIKOLOGI INDIVIDUAL ALFRED ADLER

SINTA SINTIYA, FEBRIYANTI (2023) ANALISIS INFERIORITAS DAN SUPERIORITAS TOKOH UTAMA NISA DALAM NOVEL SUJUD NISA DI KAKI TAHAJJUD SUBUH KARYA KARTINI NAINGGOLAN KAJIAN PSIKOLOGI INDIVIDUAL ALFRED ADLER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SINTA SINTIYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
JURNAL SINTA revisi.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud inferioritas dan superioritas tokoh utama Nisa dalam novel Sujud Nisa di Kaki Tahajjud Subuh karya Kartini Nainggolan. Penelitian terhadap novel dilakukan dengan menggunakan aspek psikologi sastra, karena psikologi sastra memiliki tujuan yaitu memahami aspek kejiwaan yang terkandung dalam suatu karya sastra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode studi pustaka, teknik baca, dan teknik catat. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan teori psikologi individual Alfred Adler. Berdasarkan hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa terdapat wujud perasaan inferioritas dan superioritas dalam novel Sujud Nisa di Kaki Tahajjud Subuh, yaitu perasaan inferioritas yang terdiri dari (1) rendah diri, yang disebabkan oleh faktor dinamika keluarga yang sedang bermasalah dengan kondisi ekonominya. (2) perasaan cemas, terjadi akibat adanya tekanan dari orang asing yang tidak diketahui. (3) perasaan tidak berdaya yang berasal dari fitnah penyebaran foto yang tidak senonoh, (4) menarik diri dari lingkungan sosial dikarenakan adanya perasaan malu, (5) perasaan putus asa sebab merasa dirinya tidak berharga. Pada fokus wujud superioritas yang ditunjukkan Nisa sebagai usaha dalam mencapai keberhasilan merupakan jawaban atas perasaan inferior. Dengan adanya perasaan inferior tersebut memunculkan energi baru sebagai motivasi penggerak bagi Nisa. Bentuk kesuksesan yang dapat digapai oleh Nisa adalah ketika ia mampu menyelesaikan permasalahan dalam hidupnya, memiliki tujuan hidup, menjadi pribadi yang lebih baik, serta dapat meraih kesuksesannya sebagai dosen.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Inferioritas, Suprioritas, Novel, Psikologi.
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2023 10:32
Last Modified: 10 Nov 2023 10:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43299

Actions (login required)

View Item View Item