KEANEKARAGAMAN GASTROPODA DAN BIVALVIA YANG DITANGKAP OLEH PEMADAK DI ZONA INTERTIDAL PANTAI SERINTING KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) MANDALIKA

LULU, FEBRIANTI (2023) KEANEKARAGAMAN GASTROPODA DAN BIVALVIA YANG DITANGKAP OLEH PEMADAK DI ZONA INTERTIDAL PANTAI SERINTING KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK) MANDALIKA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Lulu Febrianti (E1A019055) Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
41.+Febrianti,+231024_Publish.pdf

Download (579kB) | Preview

Abstract

Daerah intertidal dimanfaatkan oleh masyarakat pesisir untuk mengumpulkan biota intertidal pada saat air laut surut yang disebut dengan istilah madak, kebudayaan madak juga dilakukan oleh masyarakat Sumbawa. Salah satu kelompok hewan yang diambil pada saat madak adalah Gastropoda dan Bivalvia dari Filum Moluska. Gastropoda dan Bivalvia memiliki manfaat yang banyak bagi masyarakat pesisir. Manfaat langsung Gastropoda dan Bivalvia bagi masyarakat salah satunya untuk dikonsumsi. Penelitian ini fokus pada keanekaragaman yang mengarah pada taksonomi Gastropoda dan Bivalvia yang ditangkap oleh pemadak di zona intertidal Pantai Serinting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keanekaragaman Gastropoda dan Bivalvia yang dipanen pada saat madak, membuat kunci identifikasi Gastropoda dan Bivalvia yang dipanen, dan mengidentifikasi besarnya eksploitasi Gastropoda dan Bivalvia pada saat madak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan cara membeli Gastropoda dan Bivalvia yang ditangkap oleh 5 orang ibu-ibu madak dalam waktu 5 hari secara mudah (convenience sampling). Hasil penelitian ini menemukan 5 ordo, 11 famili, dan 28 jenis dari 715 individu Gastropoda, sedangkan 2 ordo, 3 famili, dan 4 jenis dari 69 individu Bivalvia. Gastropoda dan bivalvia hasil madak digunakan untuk mengembangkan kunci identifikasi. Diperkirakan jumlah Gastropoda yang dieksploitasi sebanyak 3.349 individu dan bivalvia sebanyak 352 individu per bulan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Diversity, Grazing, Gastropoda and Bivalvia, kay identification
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2023 10:32
Last Modified: 10 Nov 2023 10:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43318

Actions (login required)

View Item View Item