KEANEKARAGAMAN SERANGGA TANAHORDOCOLEOPTERA DI KAWASAN TAMAN WISATAALAM(TWA) KERANDANGAN SEBAGAI BAHANPENGAYAANPETUNJUK PRAKTIKUM MATA KULIAHEKOLOGI HEWAN BERBASIS ANDROID

Rona Uli, Manurung (2023) KEANEKARAGAMAN SERANGGA TANAHORDOCOLEOPTERA DI KAWASAN TAMAN WISATAALAM(TWA) KERANDANGAN SEBAGAI BAHANPENGAYAANPETUNJUK PRAKTIKUM MATA KULIAHEKOLOGI HEWAN BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RONA ULI MANURUNG_E1A019090_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text
29.+Manurung,+231022_Publish.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

TWA Kerandangan merupakan kawasan konservasi yang berada provinsi Nusa Tenggara Barat. Terdapat banyak jenis tumbuhan dan satwa di TWAKerandangan yang menunjukkan kondisi ekosistem yang baik dan stabil. Salahsatu jenis serangga yang berperan dalam keseimbangan ekosistemadalah seranggatanah karena dianggap sebagai perombak bahan organik yang baik. Ordo seranggatanah yang memiliki peranan penting bagi ekosistem dengan cara menguraikantinja satwa liar adalah Coleoptera. Analisis terkait keanekaragamannya dianggappenting bagi keberlansungan ekosistem di TWA Kerandangan membuat penelitianini penting untuk dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah pitfall trap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat keanekaragaman Coleopterakelompok diurnal berada dalam kategori rendah karena memiliki rata-rata nilai indeks sebesar 0,93 dan tingkat keanekaragaman Coleoptera kelompok nokturnal berada dalam kategori sedang karena memiliki rata-rata nilai indeks sebesar 1,34. Nilai indeks dominansi menunjukkan bahwa tidak ada spesies yang mendominasi pada setiap stasiun dan kemerataan individu berada di kategori rendah sampai kategori tinggi. Kebanyakkan spesies Coleoptera yang ditemukan adalah spesiesOnthophagus sp. 4 dan Onthopagus taurus. Hasil penelitian dapat dijadikanbahan pengayaan untuk petunjuk praktikum Ekologi Hewan berbasis android.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Coleoptera, Keanekaragaman, Android
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Meike Megawati
Date Deposited: 10 Nov 2023 10:32
Last Modified: 10 Nov 2023 10:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/43319

Actions (login required)

View Item View Item